Ini Tiga Alasan Konser Luar Ruang Jazz Gunung Hybrid Concert 2020 Bisa Terlaksana Ada beberapa alasan dibalik bisa terlaksananya Jazz Gunung Hybrid Concert 2020 (Foto: istimewa)

KABAR gembira datang di tengah pandemi COVID-19 yang melanda Tanah Air. Perhelatan musik luar ruang dan gabungan virtual, saat ini sudah bisa diselenggarakan dengan menjalankan beberapa ketentuan yang sangat ketat.

Jazz Gunung Indonesia telah mengantongi dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama, serta ahli epidemiologi, Dr. Pandu Riono.

Baca Juga:

Jazz Gunung Indonesia Gelar Konser Virtual ‘Road To Jazz Gunung Series 2020’

Menurut anjuran Dr. Pandu Riono, untuk kegiatan konser luar ruang dan produksi konser virtual, semua pihak yang terlibat dari mulai penyelenggara sampai penonton, harus tahu bagaimana cara penularan. Semua pihak harus diyakinkan negatif saat test.

"Hal yang terpenting semua harus saling menjaga dan disiplin," pesannya dalam acara virtual Bincang-Bincang Musik di Tengah Pandemi.

Rangkaian Jazz Gunung Hybrid Concert 2020 menerapkan undangan terbatas (Foto: istimewa)

Untuk itu, Jazz Gunung Indonesia menggelar Hybrid Concert Jazz Gunung Bromo dan Jazz Gunung Ijen di waktu yang bersamaan, pada tanggal 12 Desember 2020 mendatang. Berikut tiga alasan yang membuat konser ini bisa dilaksanakan.

1. Semua penonton, musisi, kru, panitia wajib bersedia untuk dites swab Antigen yang akan disediakan oleh Jazz Gunung Indonesia bekerjasama dengan GenBody Inc dan Gerakan Solidaritas Sejuta Tes Antigen.

Apabila hasil tes mereka negatif, maka mereka baru diperbolehkan mengikuti acara secara langsung di Taman Gandrung Terakota, Jiwa Jawa Resort Ijen, Banyuwangi untuk mengikuti Jazz Gunung Ijen. Sementara untuk pelaksanaan konser virtual Jazz Gunung Bromo yang tidak ada penonton, test ini juga berlaku untuk musisi dan tim produksi.

2. Semua yang berada di dalam lokasi acara wajib mengenakan masker kesehatan. Panitia juga akan menyediakan masker kain dengan SNI yang sudah dicuci dan didisinfektasi bekerja sama dengan Gerakan Pakai Masker untuk dapat dikenakan sepanjang acara berlangsung.

Jangan lupa untuk membawa masker cadangan, hand sanitizer pribadi. Untuk Jazz Gunung Ijen yang diselenggarakan di luar ruang wajib membawa juga jaket anti air/jas hujan, payung, obat-obatan pribadi, dan botol minum pribadi.

3. Semua yang berada di lokasi acara wajib menjaga jarak dan mematuhi semua protokol kesehatan yang ditentukan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI dalam handbook CHSE yang dapat didownload di https://chse.kemenparekraf.go.id/handbook.

Baca Juga:

Nonton Konser #DiRumahAja 'Starter Pack'

Rangkaian Jazz Gunung Hybrid Concert 2020 menerapkan undangan terbatas, apabila Anda ingin datang untuk menyaksikan secara langsung untuk Jazz Gunung Ijen di Amfiteater Taman Gandrung Terakota, Jiwa Jawa Resort Ijen, Banyuwangi silakan hubungi info@jazzgunung.com.

Panitia akan menerapkan sistem waiting list sesuai kapasitas Jazz Gunung Ijen yang telah ditentukan, yaitu kurang dari 300 kursi dengan menampilkan musisi Bintang Indrianto feat. Sruti Respati dan Sri Hanuraga Trio feat. Dira Sugandi.

Sementara itu untuk Jazz Gunung Bromo dapat disaksikan secara virtual di YouTube Jazz Gunung Indonesia pada pukul 20.00 WIB, dengan sajian dari Ring of Fire Project feat Tashoora, Tohpati, and Ricad Hutapea dan dokumentasi Jazz Gunung Ijen 2020.

Panitia berhak untuk tidak memperbolehkan siapapun untuk masuk ke dalam venue apabila tidak memenuhi salah satu dari syarat-syarat tersebut.

"Kami melihat pandemi ini masih akan Panjang dan kita harus bisa berkompromi dengan kondisi saat ini. Dengan menyelenggarakan Jazz Gunung dengan protokol yang sangat ketat dan disiplin, kami ingin menjadikan Jazz Gunung sebagai percontohan untuk event yang berpengunjung," kata penggagas Jazz Gunung Indonesia dan juga Ketua Umum Gerakan Pakai Masker (GPM), Sigit Pramono.

Sigit menambahkan "Kami menilai melakukan screening dengan tes antigen bisa menjadi salah satu solusi penyelenggaraan konser berpengunjung yang aman,".

Selain itu, Sigit juga berharap nantinya harga tes antigen ini secara global akan semakin murah, agar penyelenggara/promotor/EO ini bisa menganggarkannya. Serta bisa juga biaya dibebankan kepada pengunjung dan harga tiket. Namun, untuk Jazz Gunung kali ini, biaya swab antigen ditanggung oleh pihak penyelenggara.

Seluruh rangkaian kegiatan Jazz Gunung Indonesia Hybrid Concert didukung oleh BCA, Kemenparekraf, Eiger Adventure, GenBody Inc, Gerakan Pakai Masker, dan Gerakan Solidaritas Sejuta Tes Antigen. (Ryn)

Baca Juga:

Konser Musik Forest Gets Noise Obati Kerinduan Para Metalhead

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
5 Makanan Khas Indonesia yang Jarang Diketahui di ICN Food Exhibition 2021
Kuliner
5 Makanan Khas Indonesia yang Jarang Diketahui di ICN Food Exhibition 2021

Wajib dicoba dan tidak kalah lezat dengan kuliner lainnya.

Libur Lebaran, Tingkat Okupansi Hotel di Yogyakarta hanya 7 Persen
Travel
Libur Lebaran, Tingkat Okupansi Hotel di Yogyakarta hanya 7 Persen

Jumlah ini mengalami penurunan signifikan jika dibandingkan Lebaran tahun 2020.

Ini Alasan Wisata 'Hantu' Sangat Potensial di Indonesia
Travel
Ini Alasan Wisata 'Hantu' Sangat Potensial di Indonesia

Wisata 'Hantu' Sangat Potensial di Indonesia

Kisah Guru TK Emerentiana Nogo Koban Menjadi Alarm Pembelajaran Daring Cuma Privilese Kota Besar
Indonesiaku
Kisah Guru TK Emerentiana Nogo Koban Menjadi Alarm Pembelajaran Daring Cuma Privilese Kota Besar

Guru Taman Kanak-Kanak asal Yayasan Rumah Junior Kota Tangerang, Banten, tersebut beroleh pilihan sulit

Kemenparekraf Percepat Dana Hibah Pariwisata
Travel
Kemenparekraf Percepat Dana Hibah Pariwisata

Salah satu upaya mitigasi dan keberlangsungan para pelaku sektor pariwsata.

Mau 'Floating Breakfast' di Bali Usai PPKM?
Travel
Mau 'Floating Breakfast' di Bali Usai PPKM?

Kalian bisa merasakan sensasi floating breakfast ini di vila atau penginapan yang memiliki kolam private.

Jamu, Minuman Tradisional Negeri Aing Penuh Khasiat
Hiburan & Gaya Hidup
Jamu, Minuman Tradisional Negeri Aing Penuh Khasiat

Jamu sejak dulu sudah dipercaya dapat menyehatkan tubuh.

Asyik, dari Malioboro ke Parangtritis Kini Bisa Naik Damri
Travel
Asyik, dari Malioboro ke Parangtritis Kini Bisa Naik Damri

Para wisatawan yang hendak mengunjungi Pantai Parangtritis dari kawasan Malioboro ini dapat naik bus Damri.

Selisik Ritual Teh Pai Pernikahan Adat Tionghoa
Kuliner
Selisik Ritual Teh Pai Pernikahan Adat Tionghoa

Ritual Teh Pai dianggap sebagai bentuk proses komunikasi intim dan mendalam antara pengantin dengan orang tua

Piknik di 'Picknick On The Roof'
Travel
Piknik di 'Picknick On The Roof'

Pemandangannya begitu indah di 'Picknick On The Roof'.