Ini Temuan Terbaru PBB, Pembersihan Etnis Rohingya Masih Berlanjut Pengungsi Rohingya menangis setelah menyebrang perbatasan Bangladesh-Myanmar di Teknaf, Bangladesh, Selasa (5/9). (ANTARA FOTO/REUTERS/Mohammad Ponir Hossain)

MerahPutih.com - Pejabat senior PBB untuk urusan HAM menyatakan pada Selasa (6/3), bahwa "pembersihan etnis" muslim Rohingya masih terus berlanjut hingga saat ini. Temuan itu terjadi setelah lebih dari enam bulan penyerangan pemberontak yang direspons pihak militer Myanmar hingga menyebabkan 700 ribu orang mengungsi ke wilayah Bangladesh.

"Pembersihan etnis Rohingya dari Myanmar masih berlanjut. Saya tidak menganggap kita bisa menarik kesimpulan apa pun dari apa yang saya lihat dan dengar di Cox's Bazar," kata Asisten Sekjen PBB untuk HAM Andrew Gilmour setelah empat hari di kamp pengungsi di Distrik Cox's Bazar, Bangladesh, dilansir Reuters.

"Sepertinya kekerasan sistematis dan meluas terhadap etnis Rohingya masih tetap terjadi," kata Gilmour.

Dia mengatakan bahwa upaya tersebut berbeda dengan tindakan sebelumnya. Saat ini pembersihan terlihat lebih halus.

"Bentuk kekerasannya telah berubah dari pembantaian berdarah hingga pemerkosaan massal tahun lalu menjadi kekerasan dengan intensitas lebih rendah, seperti teror dan kelaparan yang disegaja untuk mengusir warga Rohingya yang bertahan di rumah mereka (Myanmar), untuk masuk Bangladesh," katanya. (*)

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH