Ini Tanggapan PKS Terkait Penolakan Cagub Jabar Perempuan

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 31 Mei 2017
Ini Tanggapan PKS Terkait Penolakan Cagub Jabar Perempuan
Netty Heryawan (kanan) mengikuti acara "Jabar Mengaji" di Gedung Sasana Budaya Ganesha Bandung, Jawa Barat, Minggu (21/5). (ANTARA FOTO/Agus Bebeng)

DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menanggapi sikap sejumlah ormas yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Peduli Jawa Barat yang menolak kandidat cagub Jabar 2018 perempuan.

PKS diketahui berencana mengusung Netty Prasetiyani Heryawan sebagai kandidat Cagub Jabar berdasarkan hasil Pemira DPW PKS. Netty juga merupakan istri Gubernur Jabar Ahmad Heryawan.

"Kami menghormati sikap teman-teman dari AMPJ tersebut yang menolak Cagub Jabar perempuan. Kami mah santai karena itu hak mereka," kata Ketua DPP Bidang Pemuda DPP PKS Mardani Ali Sera, usai menghadiri diskusi publik "Penguatan Islam Politik Pasca 212" yang diadakan oleh Gema Keadilan Jawa Barat di Bandung, Selasa (30/5).

Ia menuturkan, munculnya nama Netty Heryawan sebagai salah seorang kandidat cagub Jabar 2018 berdasarkan hasil Pemira DPW PKS merupakan realita dan dirinya menghargai hasil tersebut.

"PKS sangat menghargai proses dan munculnya dua nama yakni Pak Ahmad Syaikhu dan Ibu Netty Prasetiyani Heryawan tersebut itu tidak secara tiba-tiba tapi berdasarkan proses, yakni hasil Pemira. Kalau saat itu ada nama perempuan Netty Heryawan yang muncul, itu merupakan realita kader PKS," katanya.

Terlebih, lanjut Mardani, saat ini bisa dikatakan eranya "The Age of Women" dan PKS tidak pernah membedakan kader laki-laki dan perempuan dalam berkarya.

"Jadi mau dia laki-laki atau perempuan, asalnya dia punya kualitas dan integritas, maka wajar kalau demikian. Tetapi yang memutuskan kan tetap Badan Pekerja Majelis Syuro," kata Ali Sera.

Selain itu, lanjut Mardani, munculnya nama istri Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan sebagai kandidat Cagub Jabar 2018 mematahkan opini PKS bahwa partai ini tidak peka terhadap gender.

"Contoh lain, pengganti Fahri Hamzah adalah Ibu Ledia Hanifah. Kalau ini sukses maka akan jadi sejarah bahwa ada Wakil Ketua DPR RI perempuan dari PKS," ujar dia.

Sementara itu, Netty Prasetyani Heryawan juga menanggapi santai adanya penolakan dari sejumlah ormas Islam yang menolak rencana pengusungan dirinya sebagai calon gubernur dalam Pilgub Jabar 2018 mendatang.

"Saya saja belum ditetapkan, bagaimana saya harus bereaksi. Belum tentu jadi juga kan," kata Netty Heryawan.

Sumber: ANTARA

#PKS #Pilgub Jabar #Jawa Barat
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan