Ini yang Membuat Bela Diri Muay Thai Digandrungi Wanita

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Minggu, 26 Maret 2017
Ini yang Membuat Bela Diri Muay Thai Digandrungi Wanita
Handayani (kaos hitam) bersama rekan-rekan Muay Thai di Vertikal Studio, Depok. (Foto: MerahPutih/Noer Ardiansjah)

Muay Thai merupakan olahraga nasional Kerajaan Thailand dan turunan dari bela diri kuno Muay Boran. Olahraga itu sendiri memiliki teknik pertarungan yang sangat keras dan berbahaya.

Namun, kini olahraga tersebut sudah mulai banyak dan menyebar di seluruh negara, bahkan Indonesia. Tidak hanya itu, para peminatnya pun tidak hanya para lelaki melainkan juga perempuan.

Lantas, apa penyebab wanita-wanita mulai menyukai olahraga yang awalnya banyak dimainkan oleh kaum pria itu?

Menurut pelatih Muay Thai di Vertikal Studio, Handayani, teknik dari olahraga Muay Thai hampir seluruhnya menggunakan gerakan seluruh tubuh, memutar pinggul dalam setiap tendangan, pukulan, siku, dan tangkisan.

“Latihan Muay Thai secara rutin dapat meningkatkan stamina, meningkatkan kekuatan kaki, membentuk pinggul, dan menjaga berat badan,” ucap Handayani kepada merahputih.com usai melatih di Vertikal Studio, Depok, Jawa Barat, Minggu (26/3).

Selain berdampak terhadap keelokan tubuh, menurut Handayani, dengan berlatihnya mempelajari olahraga beladiri Muay Thai bagi wanita, sangat efektif untuk pertahanan diri dari segala macam ancaman dari tindak pelaku kejahatan.

“Sangat bagus. Setidaknya, kita bisa self-defence. Kalau tidak memiliki dasar bela diri, wanita rentan dari tindak kejahatan,” katanya.

Untuk Handayani sendiri mengaku bahwa sebelum ia mempelajari Muay Thai ini sudah memiliki dasar bela diri yang lain, Wushu Sanshou. Ia baru mulai menyukai Muay Thai sejak setahun terakhir ini. “Sebenarnya, semua bela diri hampir sama. Masing-masing mempunyai kekurangan dan kelebihan,” ucap Yani, panggilan akrabnya.

Untuk mengikuti artikel lainnya, baca juga: Termotivasi dari Drama Hanoman, Reza Rahadian Bisa Jadi Aktor Termahal

#Komunitas Muaythai Indonesia #Seni Beladiri #Muay Thai
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan