Kesehatan

Ini Tanda-Tanda Kamu Terkena Insomnia

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Kamis, 02 Agustus 2018
Ini Tanda-Tanda Kamu Terkena Insomnia
Insomnia dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. (Foto: Pixabay/danfa)

USAI beraktivitas seharian tubuhmu merasakan kelelahan. Yang ada di dalam kepala adalah cepat tiba di rumah dan dapat tidur dengan nyenyak di kamar tercinta.

Namun terkadang keinginan tersebut tak sesuai dengan realita. Bukan mendapatkan tidur yang nyenyak dan tentram justru malah mendapat gangguan saat tidur.

Hal itu umum terjadi, seperti yang dilansir dari sleepfoundation, sekitar 30 persen orang dewasa mengalami semacam gangguan tidur. Nah jika dialami oleh kamu, tentu kamu akan bertanya-tanya apa mungkin dirimu memiliki kasus insomnia, yaitu kondisi rumit yang dipicu berbagai faktor seperti medis, biologis serta psikologis. Terkait Insomnia sendiri, sekitar 10 persen orang dewasa menunjukan gejala-gejala insomnia, yang membuat mereka sangat terganggu secara fungsional di siang hari.

tidur
Konsultasikan dengan dokter bila mengalami gangguan tidur. (Foto: Healthline)


Jika kamu kamu memiliki satu atau lebih dari gejala tersebut, sebaiknya kamu konsultasi dengan dokter soal insomnia serta cara untuk mengatasi kondisi yang dapat membuat frustasi tersebut.

Nah, untuk mengenal lebih jauh seseorang terkena Insomnia, berikut ini beberapa tanda-tandanya.

1. Kelelahan

Mungkin kamu tak menyadarinya, jika seseorang merasa lelah dan lesu, merupakan salah satu pertanda dari insomnia. Bahkan jika kamu tak ingat saat terbangun di malam hari dan kamu bangun di pagi hari serta menemukan energi kamu hilang. ini dikenal dengan tidur non-restoratif yang merupakan penanda insomnia.

2. Kemurungan

Pertanda insomnia yang kedua yaitu ketika kamu merasa kurang sehat, mudah tersinggung atau dalam suasana hati yang buruk karena alasan yang tak jelas. Kamu mungkin merasakan kecemasan, impulsif atau agresi.

Gelisah dan cemas dapat menimbulkan insomnia. (Foto: Pixabay/gellinger)

3. Hubungan Sosial

Pertanda ketiga yaitu ketika kamu sulit untuk bergaul dengan rekan kerja atau sulit fokus saat kamu berada ditempat kerja dapat dikaitkan dengan insomnia. begitu juga saat berjuang dengan anggota keluarga dirumah atau teman disekolah, dapat menjadi pertanda gangguan tidur tersebut. Karena orang yang insomnia biasanya mengalami kesulitan dengan beban kerja mereka, membuat kesalahan, sering telat dan lupa untuk menyelesaikan tugas.

4. Frekuensi Tidur

Tanda keempat seseorang terkena insomnia yaitu frekuensi. yang dimaksud disini yaitu frekuensi tidur kamu, Jika kamu mengalami kesulitan tidur kurang lebih tiga malam dalam seminggu selama tiga bulan lebih, bisa jadi pertanda kamu terkena insomnia, dan sebaiknya kamu konsultasi pada dokter. (Ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya WOW! Perusahaan ini Mengklaim Ciptakan Topi Anti Santet

#Insomnia
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan