Kesehatan

Ini Takaran Nutrisi untuk Tubuh Setiap Harinya

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Selasa, 21 Agustus 2018
Ini Takaran Nutrisi untuk Tubuh Setiap Harinya
Pentingnya nutrisi untuk tubuh (Foto: Pexels/OW Pictures)

SETIAP harinya tubuh membutuhkan nutrisi dan kalori. Nutirisi kan berubah menjadi energi yang digunakan tubuh untuk menjalani aktivitas harian. Sumber nutrisi pun beragam, dari zat karbohidrat, protein, serat, vitamin, dan mineral, lemak dan gula.

Lantas, berapa takaran nutrisi yang dibutuhkan tubuh kamu? Menurut Go Dok, inilah takaran nutrisi yang dibutuhkan tubuh kamu.

Protein

Protein untuk memberikan kekuatan seluruh bagian tubuh(Foto: Pexels/Tookapic)

Fungsi protein untuk memberikan kekuatan terhadap aktivitas otot, tulang hingga seluruh bagian tubuh. Pria dewasa membutuhkan asupan protein sebanyak 56 gram sehari. Berbeda dengan wanita dewasa yang membutuhkan protein sebanyak 46 gram. Bagi wanita yang menyusui dan mengandung membutuhkan 71 gram protein. Meskipun protein sangat bermanfaat untuk tubuh, hanya sebanyak 35% protein yang sebaiknya di konsumsi tubuh dari total asupan kalori setiap harinya. Kamu bisa mendapatkan asupan protein dari daging ayam, telur, dan juga ikan hingga protein nabati seperti tempe dan tahu.

Karbohidrat

Karbohidrat sebagai bahan bakar tubuh (Foto: Pexels/Pixabay)

Energi dan bahan bakar tubuh selama beraktivitas berasal dari karbohidrat. Ditambah karbohidrat bisa menjadi pelindung tubuh dari berbagai macam penyakit. The Dietary Guidelines for Americans menyarakankan siapapun untuk mengasup sebanyak 45% – 65% karbohidrat dari total asupan kalori Anda dalam sehari. Artinya jika tubuh kamu memerlukan 2.000 kalori perhari, sebanyak 900-1.300 kalori tersebut harus berasal dari karbohidrat. Sama saja dengan 225-325 gram karbohidrat perhari. Selain nasi, karbohidrat dapat diambil dari roti, kentang dan juga gandum.

Serat

Serat dibutuhkan untuk melancarkan sistem pencernaan tubuh (Foto: Pexels/Trang Doan)

Jangan remehkan serat. Tanpa adanya serat, sistem pencernaan tubuh akan terganggu. Serat sangat dibutuhkan tubuh untuk melancarkan sistem pencernaan dan agar tidak sembelit. Insitute of Medicine mengatakan seorang wanita dewasa akan membutuhkan 25 – 28 gr serat setiap harinya, sementara seorang pria dewasa membutuhkan 33 – 38 gr serat per hari. Kandungan serat berasal dari sayur-sayuran dan juga buah-buahan.

Vitamin

Banyak orang kekurangan asupan vitamin. Padahal kandungan yang satu ini sangat penting untuk mengoptimalkan kerja jaringan dan sistem pada tubuh. Jenis vitamin bervariasi. Sebanyak 2,4 mikrogram vitamin B-12 dibutuhkan untuk pembentukan formasi sel-sel darah merah, metabolisme sel, menjalankan fungsi syaraf, dan produksi DNA. Pria dewasa membutuhkan 90 mg vitamin C, sementara wanita dewasa 75 mg Vitamin C untuk pembentukan pembuluh darah, pertumbuhan otot-otot tulang, dan memperkuat sistem imun tubuh.

Disamping itu 15 mg Vitamin E juga penting bagi tubuh dalam penglihatan (mata), reproduksi, dan kesehatan darah, otak, serta kulit. Terakhir, jangan sampai lupa mengonsumsi vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang. Untuk asupan vitamin D sendiri direkomendasikan sebanyak 600 IU (international unit) setiap harinya.

Mineral

Ada beberapa jenis mineral yang dibutuhkan tubuh kamu setiap harinya. Konsumsi sebanyak 1000 mg kalsium. Ditambah 18 mg zat besi bagi wanita dewasa dan 8 mg kalsium untuk pria dewasa. Untuk magneisum sendiri tubuh membutuhkan 300-400 mg dalam sehari. Mineral lainnya oalah 700 mg fosfor, dan 4.700 mg potassium. Khusus unutk sodium asupannya harus dibatasi, yaitu 2.200-2.300 mg per hari.

Lemak

Asupan lemak boleh asal jangan banyak lemak jenuh(Foto: Pexels/Pixabay)

Meskipun menjadi musuh utama bagi mereka yang menjalankan program diet, lemak juga bermanfaat bagi tubuh sebagai sumber kalori. The Dietary Guidelines for Americans hanya merekomendasikan 20 – 35 kkal asupan lemak setiap harinya, dan tidak lebih dari 10% asupan kalori yang berasal dari lemak jenuh.

Gula

Terlalu banyak gula menyebabkan diabetes (Foto: Pexels/mali maeder)

Gula menghasilkan energi yang sangat dibutukan tubuh. The Dietary Guidelines for Americans hanya menyarankan 10% gula perhari dari seluruh asupan kalori. Jangan berlebihan mengonsumsi gula agar tidak terkena penyakit diabetes. Hampir semua makanan mengandung gula termasuk kue. (ikh)

Baca juga: Agar Nutrisi dalam Sayur tidak Banyak Terbuang, Terapkan Cara Ini

#Kandungan Nutrisi
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan