Ini Sumber Api Yang Tewaskan 41 Napi Lapas Tangerang

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Kamis, 09 September 2021
Ini Sumber Api Yang Tewaskan 41 Napi Lapas Tangerang
Titik Kebakaran Lapas. (Foto: MP/Rizky)

MerahPutih.com - Tim gabungan Polri telah melakukan olah tempat kejadian perkara dalam kasus kebakaran Lapas Klas I Tangerang. Hasilnya, sumber titik api berasal dari satu titik yang diduga merambat hingga terjadi kebakaran.

Direktur Reserse Kriminal Umum Kombes Tubagus Ade Hidayat menerangkan, dari satu titik tersebut, api merambat ke plafon sehingga terjadi insiden tersebut.

Baca Juga:

1 Napi Teroris Jadi Korban Tewas Kebakaran Lapas Tangerang

"Titik api bersumber di satu titik dan kemudian terjadi di atas dibalik plafon. Plafonnya terbuat dari bahan triplek yang mudah terbakar," kata Tubagus di Lapas Klas I Tangerang, Banten, Rabu (8/9).

Tubagus menjelaskan, sejauh ini pihaknya sudah memeriksa 20 orang saksi yang mengetahui insiden kebakaran itu terjadi. Di samping itu, ada barang bukti juga yang disita polisi untuk proses penyidikan.

"Ada beberapa yang kita bawa, antara lain kabel-kabel, beberapa alat listrik dan saluran instalasi," jelasnya.

Jenazah korban kebakaran di Lapas Tangerang. (Foto: Antara)
Jenazah korban kebakaran di Lapas Tangerang. (Foto: Antara)

Lembaga Permasyrakatan (Lapas) Klas I Tangerang, Banten ludes dilalap si jago merah pada Rabu (8/9) sekitar pukul 01.45 WIB. Dalam hal ini, sebanyak 41 orang penghuni tahanan tewas

Selain korban jiwa, ada juga puluhan penghuni Lapas yang mendapatkan luka-luka akibat kebakaran tersebut dengan 8 orang luka berat, 72 orang luka ringan yang dirawat di Poliklinik Lapas Tangerang.

Polri sendiri sudah mendirikan posko pengambilan DNA (antemortem) di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur untuk nantinya dicocokan dengan data postmortem agar jasad korban tewas bisa teridentifikasi. (Knu)

Baca Juga:

Keluarga Korban Meninggal Kebakaran Lapas Tangerang Akan Dapat Santunan Rp 30 Juta

#Lapas #Kebakaran #Polri #Kemenkumham
Bagikan
Bagikan