Ini Ramalan Cuaca Yogyakarta Saat Imlek Menurut BMKG Ilustrasi hujan (Foto: Ist)

MerahPutih.Com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan diguyur hujan lebat saat Imlek berlangsung. Hujan lebat mulai melanda Jogjakarta pada pertengahan Januari hingga awal Februari.

Kepala Kelompok Data dan Informasi Stasiun klimatologi Melati, BMKG DIY Djoko Budiyono menjelaskan Yogyakarta memasuki puncak musim hujan saat perayaan Imlek berlangsung.

Hujan intensitas tinggi mulai turun di Yogyakarta pada dasarian kedua Januari yakni setelah tanggal 11 hingga 31 sampai dasarian pertama Februari yakni tanggal 1-10).

Ilustrasi hujan angin
Ilustrasi hujan angin (Foto: Ist)

"Wilayah Diy akan mengalami peningkatan curah hujan , dengan curah hujan mencapai 100-200 mm/dasarian," ujar Joko kepada merahputih.com di Yogyakarta, Selasa (8/1).

Puncak musim penghujan juga akan diwarnai dengan angin kencang dan petir. Kecepatan angin berkisar antara 5-15 knot (9-28 km/jam).

Selain itu akan terjadi gelombang tinggi di seluruh pantai selatan Yogyakarta. Ketinggian gelombang mencapai 3-4 meter. Dalam kondisi normal,ketinggian gelombang hanya 1,5-2,5 meter.

BMKG mengimbau wisatawan dan warga untuk waspada mempersiapkan diri menyambut puncak musim penghujan. Terutama saat mengunjungi pantai. Wisatawan diminta tidak terlalu mendekati pantai serta tidak berteduh dibawah pohon atau bangunan yang rapuh.

Buat kamu yang hendak berwisata ke Yogyakarta selalu sedia payung dan jas hujan.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Teresa Ika, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Politisi Demokrat Nilai Rezim Jokowi Gagal Tuntaskan Kasus HAM Masa Lalu



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH