Bisnis

Ini Rahasia Bikin Konten Video Menarik untuk Jualan di Media Sosial

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Senin, 16 Agustus 2021
Ini Rahasia Bikin Konten Video Menarik untuk Jualan di Media Sosial
Kenali beberapa cara agar konten video terlihat menarik di media sosial. (Foto: pixabay/geralt)

JUALAN di media sosial harus kreatif. Di zaman serba teknologi ini misalnya, kamu harus memanfaatkan konten video untuk keperluan pemasaran produk yang dijual. Konten video yang kamu buat juga harus menarik agar menarik pelanggan.

Mengutip laman ANTARA, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan video menarik. Cara ini tidak sulit, dan sebaiknya mulai kamu aplikasikan sekarang juga pada bisnis kamu.

Baca Juga:

Kemenparekraf Dorong UMKM untuk Manfaatkan Dompet Digital

Kenalkan usahamu pada konten video. (Foto: pixabay/startupstockphotos)

Pertama, mulai dengan menceritakan proses atau perjalanan bisnis kamu. Pelanggan tanpa kamu sadari sebenarnya tertarik dengan cerita di balik bisnis kamu. Oleh karena itu, pengenalan ini termasuk cerita tentang jatuh-bangun proses bisnismu.

Misalnya kamu bisnis pakaian, ceritakan awal mula ketertarikan kamu dengan bisnis fesyen. Lalu tambahkan konten tentang cara kamu mendesain pakaian, hingga cara kamu membuat produk pakaian yang kamu pasarkan.

Baca Juga:

Pandemi COVID-19 Dorong Pertumbuhan Transaksi Digital

Cerita sederhana membuat orang yang menonton video kamu tertarik untuk mengenal produkmu lebih jauh, bahkan untuk membeli produk UMKM milikmu.

Cara yang kedua yakni kisahkan keseruan di balik pembuatan katalog. Selain konten video, konten foto tidak kalah penting untuk mempromosikan produk. Karena itu, pada saat proses membuat konten foto, kamu dapat memanfaatkannya sebagai lahan menambang konten-konten videomu.

Seperti halnya kamu dapat merekam momen-momen lucu dan menarik di balik foto tersebut. Dari mulai dekorasi, menyiapkan alat pemotretan, hingga proses pengeditan foto untuk mencapai hasil akhir.

Adapun potongan video tersebut bila dirangkai akan menjadi sebuah cerita unik, yang dapat disajikan bagi penonton serta calon pembelimu.

Proses packing bisa memicu banyaknya keinginan konsumen, karena itu sangat penting untuk dijaga. (Foto: pixabay/photomix-company)

Cara yang ketiga yakni video proses packing. Karena selain pembuatan, proses pengiriman juga menjadi faktor pembeli berminat pada sebuah produk. Kamu bisa memperlihatkan cara kamu mengemas produk sebelum dikirim ke pembeli. Hal itu bisa menambah keyakinan dan kepercayaan calon pembeli.

Selain itu, kamu pun dapat menyelipkan pesan singkat berupa motivasi untuk pembeli agar bisa memberikan kebahagiaan pada pelanggan yang menerima paket itu.

Kemudian, jangan lupa untuk menambahkan teks pada video kamu. Lalu tambahkan tagar sesuai dengan pesan yang ingin kamu sampaikan di media sosialmu. Setelah itu, agar videomu semakin menarik, tambahkan efek transisi atau filter. (ryn)

Baca Juga:

Go Digital, Cara UMKM Sukses di Masa Pandemi COVID-19

#Bisnis #UMKM
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan