Ini Peserta Suramadu Super Cup 2018 Logo Madura United. Foto: Ist

MerahPutih.com - Sebanyak empat klub sepak bola dari dua negara yakni Indonesia dan Malaysia akan mengikuti turnamen bertajuk Suramadu Super Cup yang digelar oleh manajemen Madura United pada mulai 8 Januari 2018.

Menurut Manajer Madura United FC, Haruna Soemitro, empat klub sepak bola dari dua negara itu masing-masing MUFC, Persebaya Surabaya dan Persela FC.

"Kalau klub sepak bola dari Malaysia yang sudah dipastikan akan mengikuti kompetisi 'Suramadu Super Cup' ini adalah Kedah FC," ujar Haruna seperti dilansir Antara, Minggu (24/12)

Sesuai jadwal, turnamen yang digelar pihak manajemen Madura United FC ini selama tiga hari, yakni tanggal 8, 10 dan 12 Januari 2018.

Lokasi pertandingan di Stadion Gelora Bangkalan (SGB) dan akan disiarkan secara langsung di salah satu stasiun televisi nasional.

Menurut Haruna Soemitro, kompetisi Suramadu Super Cup antara klub bola Indonesia dengan klub sepak bola dari Malaysia tersebut, merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari Hari Ulang Tahun Madura United FC.

"Kegiatan ini juga mengemban misi mempererat pertemanan kedua negara antara Indonesia dengan Malaysia," ujarnya, menjelaskan.

Madura United FC merupakan satu-satunya klub sepak bola profesional di Pulau Madura yang memiliki suporter tersebar di empat kabupaten di Pulau Garam itu, mulai dari Kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan hingga di Kabupaten Sumenep.

Di Madura sebenarnya ada empat klub sepak bola profesional yakni Persepam Madura Utama yang bermarkas di Kabupaten Pamekasan, Perrsu Sumenep yang bermarkas di Kabupaten Sumenep, dan Madura FC juga bermarkas di Kabupaten Sumenep.

Dari empat klub sepak tersebut, hanya Madura United FC dan Madura FC yang bertahan di kompetisi profesional liga. Madura United di Liga 1, sedangkan Madura FC di liga 2.

Sementara Persepam Madura Utama dan Perrsu Sumenep telah terdegradasi ke liga 3, sehingga pada musim kompetisi tahun depan, yakni 2018, hanya dua klub sepak bola di Madura yang berlaga di liga Liga 1 dan Liga 2 Indonesia.



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH