Ini Permintaan Kapolri kepada Polisi Malaysia Terkait Siti Aishah

Zulfikar SyZulfikar Sy - Minggu, 26 Maret 2017
Ini Permintaan Kapolri kepada Polisi Malaysia Terkait Siti Aishah
Siti Aishah (kanan) di pengadilan Sepang, Malaysia. (ANTARA FOTO/Reuters/stringer)

Kapolri Jendral (Pol) Tito Karnavian meminta kepada Polis Diraja Malaysia (PDRM) memperjelas keberadaan Siti Aishah, apakah dirinya bagian dari jaringan pembunuhan Kim Jong Nam atau merupakan korban.

Seperti diketahui, WNI Siti Aishah (ditulis juga Siti Aisyah) terlibat kasus pembunuhan Kim Jong Un, saudara tiri Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un. Siti Aishah ditangkap dengan beberapa tersangka lain dari beberapa negara dalam kasus pembunuhan tersebut.

"Harapan kita pada yang bersangkutan kembali pada pertanyaan, apakah dia bagian dari jaringan yang mempunyai rencana untuk membunuh atau dia merupakan korban yang direkrut tanpa sepengetahuan dia."

"Ini yang kita minta perjelas kepada teman-teman kepolisian Malaysia nanti," ujar Tito usai "courtessy call" dengan Kepala PDRM Irjen Tan Sri Dato' Sri Khalid Abu Bakar di Putrajaya, Malaysia, Sabtu (25/3).

Tito mengatakan kalau memang Siti Aishah bagian dari jaringan tersebut maka pihaknya hanya memberikan bantuan hukum.

"Kita hargai eksistensi dan kedaulatan hukum Malaysia. Sama juga kalau ada orang Malaysia yang salah menjadi bandar narkoba bisa sampai ditembak. Mereka menghargai eksistensi hukum kita," ucapnya.

Tetapi, ujar Tito, seandainya kalau yang bersangkutan menjadi bagian dari korban, maka perlu ada penjelasan dan pihaknya memberikan bantuan hukum.

"Indikasinya setelah yang bersangkutan melakukan yang menurut dia reality show, dia kembali ke bandara untuk meminta uang seratus dolar sebagai upah. Kalau dia memang bagian dari konspirasi untuk membunuh dari awal seharusnya dia melarikan diri, tidak harus kembali karena risiko ditangkap," tuturnya.

Tetapi, ujar Tito, pihaknya akan membangun komunikasi dengan pihak Malaysia dengan prinsip dasar saling menghargai dan menghormati.

Berita terkait Polri dan Polis Diraja Malaysia baca juga dalam artikel: Bebaskan Ling-Ling, Malaysia Beri Penghargaan 65 Anggota Polri

Sumber: ANTARA

#Kim Jong Nam #Siti Aishah #Tito Karnavian
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan