Pemicu Dengkuran Ketika Tidur Dengkuran dapat mengganggu kualitas tidur pasangan. (foto: pexels.com)

Dengkuran yang akrab disebut 'ngorok' kerap dianggap gangguan bagi setiap orang, khususnya bagi mereka yang tidur bersama orang yang mendengkur. Bunyi napas yang kuat saat tidur dapat disebabkan oleh beberapa hal. Bila Anda penasaran, berikut ini beberapa penyebab dengkuran.

1. Tidur telentang

Salah satu hal yang menyebabkan dengkuran adalah posisi tidur telentang. Gaya tidur seperti ini yang sering menjadi penyebab bunyi napas yang kuat saat tidur. Hal itu terjadi karena tidur dengan bertumpu pada punggung bisa membuat pangkal lidah dan langit-langit lunak pada mulut menutupi dinding tenggorokan sehingga menyebabkan getaran suara saat tidur. Untuk mengantisipasinya, cobalah tidur dengan posisi menyamping.

2. Kelebihan berat badan

Orang dengan kelebihan berat badan biasanya akan memiliki jaringan tenggorokan yang lebih besar. Pembesaran tenggorokan ini dapat mengakibatkan penyempitan saluran pernafasan dan menyebabkan tidur mendengkur.

3. Gangguan hidung

Kemungkinan besar seseorang mendengkur adalah ketika dia mengalami kondisi gangguan pada hidung, gangguan hidung ini berupa hidung tersumbat saat demam, flu atau polip.

Saat mulut tertutup dan hidung tersumbat, maka otomatis orang tersebut mengambil nafas dengan kekuatan yang lebih besar untuk bernafas. Hal ini akan meningkatkan tekanan yang negatif dalam saluran aliran udara yang dapat dilihat yang menarik bersama-sama, sehingga jaringan ini akan terkulai ke belakang tenggorokan.

4. Sleep apnea

Sleep apnea merupakan gangguan atau kelainan yang ditandai dengan berkurangnya bahkan berhentinya nafas selama tidur. Periode apnea dapat terjadi 10 detik atau lebih. Hal ini dapat menyebabkan aliran udara berhenti dan berdampak pada penurunan oksigen dalam darah sebesar 4%, sehingga secara langsung menyebabkan pengurangan transfer oksigen ke dalam darah.

5. Kurang minum air mineral

Ketika dehidrasi, lendir di hidung dan langit-langit lunak menjadi lengket. Hal itu bisa mendorong untuk mendengkur. Oleh karena itu, perbanyaklah minum air. Bagi wanita, idealnya minumlah air 11 gelas sehari, sementara pria sebanyak 16 gelas.

Baca juga berita terkait: Pria Tidur Terlalu Dini Pertanda Penyakit.



Kapten

LAINNYA DARI MERAH PUTIH