Ini Penyebab Kemendagri Diserang Sekelompok Orang Soni Sumarsono. (MP/John Abimanyu)

MerahPutih.com - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) diserang sekelompok orang yang mengaku dari Barisan Merah Putih Tolikara, Rabu (11/10) sore.

Diduga, pelaku merupakan pendukung salah satu pasangan yang kecewa terhadap hasil Pilkada Kabupaten Tolikara, Papua 2017 lalu.

Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri Soni Sumarsono menjelaskan, salah satu pendukung pihak Bupati Tolikara, Papua, sudah 2 bulan terakhir mendatangi Kemendagri untuk membicarakan sengketa Pilkada 2017 lalu.

"Secara teknis, mereka hampir di sini sudah 2 bulan, pertama kali diberikan kebebasan bertamu dan diterima Sesditjen Otda sebanyak 3 kali. Puluhan kali diterima dengan direktur dan lain-lain. Bertamu dengan maksud baik, sampaikan aspirasi, tetap kami terima dengan baik," ujar Sumarsono di Gedung Kemendagri, Jakarta Pusat, Rabu (11/10).

Pihak Kemendagri pun menerima aspirasi yang mereka sampaikan secara terbuka. Namun, para pendukung merasakan hal yang sebaliknya, sehingga mereka kehabisan kesabaran dan menyerang Gedung Kemendagri pada sore tadi.

"Hari ini, mereka menyampaikan aspirasi lagi, kami difasilitasi Humas, mereka akan diterima Dirjen Polpum dan Otda. Jam 2 kami siap, mereka tidak ada, ternyata ke luar. Mereka datang, kami siap terima lagi, tapi mereka maunya dengan Mendagri," ungkapnya.

Tak bisa memenuhi permintaan massa, mereka pun berbuat anarkis dengan menghancurkan sejumlah properti Kemendagri.

"Pejabat eselon 1 terima, tapi mereka menolak, lalu terpancing dan terjadilah kasus sore hari ini," ucap Sumarsono. (Fdi)

Baca juga berita terkait penyerangan massa di Kemendagri dalam artikel berikut: Usai Penyerangan Kemendagri, Tiga Orang Luka Parah

Kredit : fadhli


Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH