Ini Penyebab Kamu Belum Menemukan 'Passion' Anak muda kerap bingung menentukan keinginan kariernya. (Foto: Pexels/Burst)

MASIH banyak generasi muda bingung apa yang menjadi passion mereka. Hasilnya, enggak jarang ada banyak generasi muda salah pilih jurusan ketika kuliah. Bahkan, di dunia profesional sekalipun, profesi yang mereka miliki enggak sesuai dengan bidang pendidikan yang pernah mereka geluti.

Ya, passion memang masih menjadi momok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Ada banyak faktor yang membuat passion masih belum dipahami banyak masyarakat. Pertama karena orangtua yang terlalu memaksakan ambisi mereka kepada anak. "Jadi masih banyak pressure dari orangtua. Potensi anak dan ekspektasi anak berbeda," ujar founder Vooya, Stephanie Wijanarko dalam sebuah talkshow di FX Sudirman, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

Baca Juga:

5 Bidang Pekerjaan yang Bisa Diambil Setelah Lulus D-3

kerja
Seseorang terhambat menemukan passion mereka karena terlalu memikirkan penilaian masyarakat. (Foto: MP/Ikhsan)

Stephanie juga mengatakan, seseorang terhambat menemukan passion mereka karena terlalu memikirkan penilaian masyarakat. Mereka malu jika enggak mendapatkan pekerjaan yang bergengsi di mata masyarakat. Sebut saja seperti menjadi seorang PNS. Padahal, ada masih banyak profesi lain yang bisa digeluti.

Bidang edukasi juga membuat individu enggak menemukan passion mereka. Mereka mendapat tekanan harus berhasil di setiap pelajaran. "Ada juga pressure agar setiap pelajaran harus mendapatkan nilai A," tambahnya.

Barulah kata Stephanie, diri sendiri juga menjadi faktor seseorang enggak mampu mengejar passion sesuai keinginan. Mereka takut gagal, padahal belum mencoba sesuatu yang sebenarnya menjadi minat mereka. "Karena takut mengecewakan orang sekitar, akhirnya mereka enggak ngapa-ngapain," tuturnya.

Baca Juga:

Jadi Animator Enggak Ada Duitnya, Kata Siapa?

kerja
Diri sendiri juga menjadi faktor seseorang enggak mampu mengejar passion. (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Oleh karena itu, berawal dari kegelisahan ini, Vooya membuat sebuah gerakan bertajuk #TauApaMaumu. Gerakan ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat Indonesia dalam menumbuhkan kepedulian diri sendiri. Serta untuk mengetahui apa yang menjadi passion seseorang.

Sekadar informasi, Vooya merupakan insititusi yang dibentuk untuk membantu generasi muda menemukan passion mereka. Ada tiga layanan utama yang mereka miliki, Vooya Lab, Vooya Journey, dan Vooya Coach. "Lewat gerakan ini kami berharap dapat memberikan kontribusi nyata bagi generasi muda untuk mengejar kesuksesan sesuai keinginan diri sendiri. (ikh)


Baca Juga:

Perempuan Berkarier, Kenapa Tidak?

Kredit : digdo


Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH