Ini Penyebab Jatuhnya Beton MRT di Panglima Polim

Andika PratamaAndika Pratama - Sabtu, 04 November 2017
Ini Penyebab Jatuhnya Beton MRT di Panglima Polim
Beton MRT jatuh di Panglima Polim, Jakarta Selatan

MerahPutih - Direktur Konstruksi PT MRT Silvia Halim membeberkan penyebab jatuhnya OCS parapet di Panglima Polim, Jakarta Selatan pada Jumat (3/11) malam kemarin.

Menurut Silvia, kejadian tersebut terjadi akibat kondisi pekerjaan Lifting Plan yang dibuat tidak spesifik dan untuk pekerjaan pemasangan parapet dari atas girder dan tidak mengikuti Risk Assessment - Job Safety Analysis dan Lifting Plan yang sudah tercantum dalam Method Statement, yaitu lifting boom yang terlalu panjang.

"Selain itu kurang adanya pengawasan dari Supervisor di lapangan mengakibatkan kejadian ini," kata Silvia lewat keterangan persnya, Sabtu (4/11).

Atas kejadian ini, Silvia mengatakam, pihaknya mengambil tindakan dengan memperbaiki lifting plan dan method statement untuk instalasi OCS parapet diatas girder.

"Hal itu dilakukan agar lebih detail dan spesifik, melakukan re-training untuk seluruh Operator, melakukan re-training mengenai lifting operation untuk seluruh pekerja," bebernya

Tak hanya itu, PT MRT juga melakukan traffic management sebelum melakukan pengangkatan, yaitu pada saat mulai persiapan pekerjaan lifting, memperbaiki sistem komunikasi dan koordinasi serta komando yang jelas untuk setiap grup pekerjaan pemasangan parapet.

"Dengan terjadinya peristiwa ini pihak PT MRT Jakarta melakukan evaluasi secara menyeluruh guna memperbaiki seluruh sistem dan metode kerja dalam proses pengerjaan proyek MRT Jakarta. PT MRT Jakarta menyampaikan permohonan maaf kepada publik atas ketidaknyamanan yang timbul dari insiden ini. Kami terus berkomitmen untuk menjaga keselamatan dan kualitas kerja dari proyek MRT Jakarta," Pungkasnya. (Asp)

#Kecelakaan Kerja
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan