Ini nih, Poin Penting untuk Mengategorikan Mobil sebagai Supercar Supercar punya spesifikasi tersendiri. (foto: pexels/adrian dorobantu)

BIASANYA orang langsung menyebut mobil yang terlihat mewah dan tidak biasa dilihat di jalanan sebagai supercar. Pada sejarahnya, leluhur dari supercar hanyalah mobil muscle car yang dibuat dengan mesin yang begitu cepat, berisik, dan paling gagah di antara yang lain. Namun, di zaman sekarang, para pembuat mobil juga mementingkan bentuk bodi yang mewah, keseimbangan dari kecepatan dan beban, hingga eksklusifnya mobil tersebut pada masa perilisannya.

Seperti yang dilansir Hotcars, inilah lima kategori yang membuat mobil bisa disebut supercar, selain dari segi mesin dan kecepatan yang mungkin sudah kamu ketahui ganasnya.

1. Bentuk yang Mewah

supercar
Punya desain bodi yang mewah. (foto: pexels/vraj shah)


Elemen pertama yang bisa menandakan bahwa mobil ini sebagai supercar ialah bentuknya yang terlihat mewah nan futuristik. Bentuknya yang belum pernah kamu temui, seperti lekukan dan tambahan peretelan mewah, membuat mobil ini menjadi sebuah seni, dan bentuknya menjadi terlihat seperti mahakarya dalam bentuk mobil. Seni itulah yang membuat mobil ini bisa laku terjual di pasaran. Apalah arti supercar tanpa bentuknya yang terlihat unik, ya kan?

2. Harga yang Mahal

supercar
Harganya fantastis. (foto: pexels/pixabay)


Supercar ini bukanlah mobil yang bisa kamu beli atau ditemukan di showroom dekat rumah. Biasanya supercar didatangkan di konferensi mobil yang memiliki target kalangan atas. Jadi karena tidak bisa dijangkau orang biasa, mobil ini dibuat dengan harga yang terhitung selangit.

Laman Hotcars menyebut supercar ini dibuat dengan kesempurnaan dan kualitas sebuah mobil. Sudah jelas yang dicari dari supercar bukanlah sebuah kecepatan, melainkan model yang seperti seni yang dijual untuk produk supercar ini.


3. Produk yang Terbatas

supercar
Dibuat dalam jumlah terbatas. (foto: pexels/pixabay)

Karena biaya produksi yang selangit, beberapa brand mobil membatasi penjualan mobilnya. Mereka membuat supercar terbatas, hanya untuk para pembelinya. Mereka bahkan bisa membuat hanya seribu atau dua ribu mobil yang dirilis di dunia.

Eksklusivitas itulah yang membuat mobil ini biasanya dijual dalam lelang. Jika membeli mobil supercar versi limited-edition, hanya kamulah yang mempunyai mobil ini. Mungkin saja kamu jadi salah satu di antara beberapa orang yang meminang supercar limited-edition.


4. Keseimbangan antara Power dan Beban Mesin

supercar
Kekuatan mesin dan stabilitas bodi diperhitungkan. (foto: pixabay/brian)

Spesifikasi mesin selalu dicari mereka yang ingin membeli supercar. Namun, kekuatan mesin dan kecepatan mobil tidak membuat power dan beratnya seimbang. Seperti jika beban mobilnya terlalu berat, akan sangat disayangkan mesinnya malah menekan tenaga dari berat mobil. Di lain hal, jika mobilnya terlalu enteng, kekuatan mesin akan membuat mobil terpelanting. Kebanyakan supercar akan membuat riset untuk mencari titik seimbangnya mobil agar lebih nyaman dikendarai.

Ada banyak faktor lain dari supercar, seperti ukuran mesin, handling dari mesin, dan bahkan apakah supercar bisa dipakai di jalanan atau tidak. Supercar biasanya dipakai kalangan atas hanya untuk gengsi, juga mereka yang ingin balapan di sirkuit.(dnz)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH