Otomotif

Ini nih Pentingnya Membersihkan Terminal Aki Mobil

Dwi AstariniDwi Astarini - Senin, 09 Oktober 2023
Ini nih Pentingnya Membersihkan Terminal Aki Mobil
Terminal aki mobil juga perlu dirawat.(foto: senivpetro_freepik)

AKI mobil merupakan komponen yang sangat berperan besar dalam menjalankan mobil. Tanpa aki, mobil tidak akan bisa hidup ataupun berjalan. Terkadang kita melihat aki hanya seperti baterai yang dipasangkan ke mobil dan akan diganti jika waktunya sudah habis. Namun, kamu perlu ingat bahwa aki juga perlu dirawat.

Perawatan aki yang jamak diketahui yakni dengan memaskan mobil agar akinya tidak mati. Itu memang tidak salah demi menjaga aki ‘tekor”. Namun, ada cara perawatan lainnya yang terkadang dilupakan atau bahkan tidak diketahui.

BACA JUGA:

Setrum Aki Ternyata Ada Baiknya

Jika mobil sulit untuk menyala, hal pertama yang kita pikirkan yakni ‘akinya udah abis’. Selain aki yang habis, ada juga hal yang membuat aki sulit mengalirkan lsitrik ke mobil yaitu penumpkan korosi pada terminal aki. Seperti diungkap Slashgear, penumpukan tersebut merupakan kejadian alami dari reaksi kimia yang terjadi saat asam sulfat dari baterai melepaskan gas hidrogen. Gas itu bercampur dengan kelembapan dan garam di lingkungan untuk menciptakan penumpukan korosif.

aki mobil
Aki mobil bisa mengalami korosi.(foto: slashgear)

Masalah ini akan semakin parah dengan menuanya baterai. Menurut AkiMobil.com, korosi pada aki bisa terjadi karena penggunaan aki yang sudah lama atau terlalu sering terkena air atau lembab. Tanda tanda lainnya juga bisa dilihat pada casingnya, “Casing yang membengkak atau retak adalah tanda bahwa aki perlu segera diganti; jika kamu melihat salah satu dari tanda-tanda ini, pergilah ke toko aki dan belilah aki baru,” jelas slashgear.

Meski casingnya terlihat aman-aman saja, tetapi korosi akan secara perlahan menggrogoti logam pada terminal aki yang membuat aki akan sulit dinyalakan.

BACA JUGA:

Cara Mencegah Komponen Mobil yang Mudah Rusak Saat Tidak Dipakai

Kamu harus membersihkan terminal aki secara teratur, tetapi seiring berjalannya waktu, kamu mungkin menyadari bahwa kamu tidak dapat mengencangkannya kembali sebaik saat masih baru. Ini mungkin berarti korosi telah menggerogoti permukaan sambungan di dalam terminal, dan sudah waktunya untuk menggantinya. kamu bisa membeli klem terminal baru dengan harga beberapa beberapa ribu rupiah di sebagian besar toko suku cadang mobil atau toko online.

Jika kamu sudah membeli terminal baru dan pada saat dipasang malah tidak kencang. Maka aki itu harus diganti dengan kemunkinan korosi sudah masuk kedalam aki. Namun, hal ini jarang terjadi dan dapat dicegah dengan sedikit pembersihan dan perawatan rutin.(aqb)

BACA JUGA:

Sebelum Matikan Mesin Mobil, Perlukah Injak Pedal Gas?

#Otomotif #Tips Otomotif
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan