Ini Lokasi Pengungsian Jika Merapi Erupsi ilustrasi barak pengungsian Merapi

MerahPutih.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY bersama BPBD Kabupaten Sleman telah menyiapkan sekitar 39 barak pengungsi di sekitar Gunung Merapi. Barak disiapkan sebagai tempat warga jika terjadi erupsi.

Kepala BPBD DIY Biwara Yuswanata mengatakan lokasi Barak tersebar di desa dan dusun yang berada di Kecamatan Cangkringan, Pakem dan Turi. Petugas juga sudah disiagakan di lokasi tersebut.

Gunung Merapi mengeluarkan material vulkanis saat terjadi letusan freatik terlihat dari Cepogo, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (1/6). ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha
Gunung Merapi mengeluarkan material vulkanis saat terjadi letusan freatik terlihat dari Cepogo, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (1/6). (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

"Kami sudah siapkan barak pengungsian. Bisa dipakai kapanpun oleh warga," ujar Biwara pada Merahputih di Yogyakarta, Jumat (18/1).

Sejak meletus freatik pada Juni 2018, Merapi terus memuntahkan lava panas serta material bebatuan. Abu wedus gembel juga beberapa kali menghujani desa di sekitarnya. Gempa kecil juga terus terjadi karena aktifitas Merapi.

Biwara mengatakan warga sudah beberapa kali mengungsi ke barak pengungsian. Lantaran terganggu dengan abu vulkanik. Ketika abu sudah hilang, mereka kembali ke rumah.

"Kami siapkan ribuan masker gratis untuk warga. Petunjuk ke jalur evakuasi juga sudah kami siapkan," katanya.

BPBD turut mengirimkan petugas khusus untuk memantau aktivitas merapi. EWS letusan Merapi juga sudah dipasang. Jika Merapi meletus, petugas akan segera memberitahu warga melalui EWS untuk segera mengungsi.

"Kami sudah latih warga dan pengelola wisata untuk segera pergi ke barak pengungsi," tutupnya.

Gunung Merapi menggurkan lava pijar. (Foto: @BPPTKG)

Berikut beberapa lokasi barak pengungsi.

Dusun Glagahmalang di Glagaharjo, Balai Desa Umbulharjo, Dusun Pagerjurang di Kepuharjo, Dusun Banteng di Hargobinangun, Dusun Jamblangan di Purwobinangun, Soprayan di Giri Kerto, dan Balai Desa Wono kerto. (*)

Berita ini merupakan laporan Teresa Ika, kontributor merahputih.com, untuk wilayah Jogjakarta dan sekitarnya.


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH