Ini Lima Tempat Rekomendasi untuk Liburan Natal dan Tahun Baru Pulau Padar salah satu pesona Flores. (Foto: Instagram@laucj004)

LIBUR Natal dan Tahun Baru akan segera tiba. Libur yang cukup panjang di akhir tahun ini pastinya membuat sahabat MerahPutih yang doyan traveling kegirangan. Tanpa mengambil cuti, kamu sudah bisa berlibur selama empat hari berturut-turut. Belum lagi liburan di awal tahun 2019.

Tapi, apa kamu sudah menentukan mau kemana saat libur panjang nanti? Jika belum mungkin artikel ini bisa menjadi referensi kalian. Ada lima destinasi populer yang menjadi pilihan wisatawan Opentrip.id, sebuah marketplace untuk berlibur.

"Ini saya dapat update dari pemesanan user kami untuk periode Natal dan Tahun Baru peringkat 5 teratas," katanya melalui pesan WhatsApp, Senin (17/12).

1. Dieng

Salah satu pesona Desa Wisata Dieng Kulon (Twitter @diengkulon)
Salah satu pesona Desa Wisata Dieng Kulon (Twitter @diengkulon)

Siapa yang tidak tahu Dieng? Sebuah kawasan vulkanik di Jawa Tengah ini sangat populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Suhu di tempat ini sangat dingin sekitar 12-20 derajat celcius di siang hari dan 6-10 derajat celsius di malam hari. Jadi tak heran kalau di Dataran Tinggi Dieng kita bisa melihat embun yang membeku.

Dieng masuk ke dalam dua kabupaten yakni Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Bukan hanya pemandangan alamnya saja yang bisa dinikmati, Dieng juga bisa menjadi tempat belajar sejarah karena terdapat kompleks candi-candi Hindu. Karena panorama keindahannya, Dieng sering dijuluki Negeri di Atas Awan.



2. Kepulauan Derawan

Kepulauan Derawan (pinterest)
Kepulauan Derawan (pinterest)

Kepulauan Derawan di Kalimantan Timur menjadi salah satu tempat populer yang dipilih wisatawan di OpenTrip.id. Sebenarnya hal itu tidak heran karena kepulauan ini menjadi salah satu yang terindah di Indonesia. Kepulauan Derawan sendiri terdiri dari tiga kecamatan yakni Pulau Derawan, Maratua, dan Biduk Biduk, Berau.

Di Kepulauan Derawan kita bisa melihat Taman Bawah Laut kelas dunia. Tak hanya itu, tempat ini juga menjadi salah satu spot untuk menyaksikan kehidupan lumba-lumba, dugon, penyu sisik hingga paus di alam bebas.

3. Sumba

Kampung adat Bodo Ende (Foto: instagram@karinafauziah)
Kampung adat Bodo Ende (Foto: instagram@karinafauziah)

Sumba menjadi pilihan lain para wisatawan untuk menghabisan waktu liburan Natal dan Tahun Baru. Wilayah yang berbatasan dengan Sumbawa di barat laut, Flores di tumur laut serta Samudera Hindia di selatan dan barat ini menghadirkan keindahan alam yang luar biasa.

Sumba menjadi tujuan bagi peselancar dunia untuk unjuk gigi. Perpaduan keindahan pantai dan pegunungannya begitu sempurna. Satu tempat yang paling indah adalah Laguna Weekuri, sebuah danau yang hanya berjarak 20 meter dari laut.

4. Kepulauan Komodo

Pulau Padar salah satu pesona Flores. (Foto: Instagram@laucj004)
Pulau Padar salah satu pesona Flores. (Foto: Instagram@laucj004)

Ingin lihat kadal terbesar di dunia? Kalau iya, maka kamu harus ke Pulau Komodo. Di sana kita akan melihat bagaimana kehidupan kadal raksasa di alam bebas. Tak hanya itu, kamu juga bisa menyaksikan keindahan pantai unik yakni Pantai pink. Di dunia hanya ada beberapa pantai yang memiliki pasir berwarna merah muda.

Pulau Padar juga salah satu yang populer. Kamu bisa hiking ringan untuk sampai ke puncak bukit. Setelah itu, silakan berfoto-foto di sana. Karena di sana adalah spot terbaik untuk menunjukan kalau kamu ada di Kepulauan Komodo.

5. Pulau Peucang

Pulau Peucang Banten (Foto: Instagram @vito_sider)
Pulau Peucang Banten (Foto: Instagram @vito_sider)

Di ujung barat Jawa ada sebuah pulau yang populer di kalangan wisatawan yakni Pulau Peucang. bersama dua pulau lainnya Panaitan dan Handeuleum, Pulau Peucang masih masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Ujung Kulon yang sudah menjadi bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO.

Daya tarik pulau ini terletak pada keindahan pantai, bawah lautnya serta keragaman fauna. Kamu masih bisa menemukan satwa liat seperti rusa, banteng Jawa, merak hijau, lutung dan biawak. Salah satu yang menjadi ikon Pulau Peucang adalah Karang Copong.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH