Ini Lho 5 Sikap Ibu Kece Dalam Mendidik Anak

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Jumat, 22 Desember 2017
Ini Lho 5 Sikap Ibu Kece Dalam Mendidik Anak
Ibu kece tidak pernah menuntut anaknya sempurna (Foto: pinterest)

IBU menjadi sosok paling hebat dalam keluarga. Perjuangannya tidak tergantikan. Dari mengurus anak hingga rumah tangga pasti dapat diatasi oleh seorang ibu.

Menjadi seorang ibu memang memiliki wibawa. Tidak heran jika salah satu peran ibu ialah mendidik anaknya. Karena hal tersebut ada juga ibu yang kaku saat mendidik anaknya seperti melarang ini dan itu.

Nah tapi tak selamanya juga ibu kaku mendidik anaknya. Kalau cara ibu Anda mendidik seperti ini berarti ibu Anda kece. Penasaran? Berikut 5 sikap ibu kece dalam mendidik anak yang dikutip dari laman Lifehack.

1. Tidak menuntut anaknya sempurna

(Foto: pinterest)

Kita memang hidup di dunia di mana segala sesuatu dituntut sempurna. Akhirnya banyak para ibu yang tidak ingin anaknya gagal, tapi malah membuat anak tertekan. Ibu yang kece tidak akan menuntut anaknya sempurna.

Dia akan menjadi suporter pribadi Anda. Bukan selalu untuk menjadi pemenang melainkan untuk menjadi yang terbaik. Paling terpenting ia tidak akan memaksa Anda untuk memilih jalan yang selalu ia ianginkan. Semua tergantung dengan kemampuan Anda.

2. Tempat membicarakan hal tabu

(Foto: vadamagazine)

Belum apa-apa ibu Anda sudah memarahi Anda saat mencari hal tabu. Seperti misalnya kehidupan seksual. Padahal seharusnya lebih baik mengetahui hal tabu dari ibu Anda daripada dari 'tempat' lain.

Seorang ibu kece akan terbuka saat membicarakan hal tabu kepada anaknya. Sebab bukan masalah hal tabunya yang dijelaskan. Pelajaran dari hal tabu itulah yang ingin disampaikan ibu.

3. Dia senang Anda gagal

(Foto: taskcomplete)

Awas! jangan salah paham dulu, bukan berarti dia mau Anda gagal terus. Artinya ia ingin menjadikan kegagalan Anda sebagai 'alat' untuk Anda bangkit.

Melalui kegagalan ia ingin memberikan pelajaran berharga untuk Anda. Dengan demikian ia tidak pernah kecewa saat Anda mengalami kegagalan, ibu Anda akan selalu menjadikan hal itu sebagai hal yang positif.

4. Tidak menjadikan Anda teoritis

(Foto: pinterest)

Kaku memang seorang ibu yang selalu menyuruh anaknya belajar melalui sebuah buku. Setiap hari Anda disuruh membaca terus dan mengambil manfaat dari membaca buku.

Sekarang tidak lagi seperti itu, mungkin itu dulu. Ibu yang kece tidak akan 'mengurung' Anda pada sebuah tulisan pada buku. Ia akan membiarkan Anda berekespresi dan berpikir beda atau biasa disebut dengan istilah 'out of the box'.

5. Tidak monoton menyayangi Anda dan saudara kandung

(Foto: seattlemet)

Ibu yang kece tidak akan menyangi semua anaknya dengan cara yang sama. Setiap anak ia memiliki cara sendiri untuk meyanginya untuk memberikannya pendidikan.

Bukan berarti ibu Anda ingin pilih kasih. Hanya saja ia nyaman dalam mencintai setiap anaknya. Sebagai contoh saat ia memberikan hadiah kepada saudara Anda, bukan berarti Anda juga harus mendapatkan hadiah.

Ada hal lain yang ia lakukan untuk Anda di luar memberikan hadiah untuk menyatakan rasa sayangnya untuk Anda.

Itulah tanda 5 ibu kece dalam mendidik anak. Sekedar informasi saja hari ini ialah hari ibu. Tapi jangan lupa ya untuk selalu menyayangi ibu Anda setiap hari. Jadikan setiap hari dan setiap saat sebagai hari untuk ibu tercinta. (Ikh)

Baca juga artikel tentang ibu Post Partum Depression, Uji Mental sang Ibu

Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan