Ini Lho 4 Manfaat Lari Marathon Lari marathon punya banyak keuntungan (Foto: Pixabay/skeeze)

SAAT ini lari marathon memang sedang populer di kalangan milenial. Olahraga ini sendiri terbagi menjadi beberapa kategori yakni half marathon (21 km), full marathon (42 km) dan ultramarathon (di atas 42 km).

Banyak yang mengatakan lari marathon tidak hanya membakar kalori saja melainkan beberapa kesehatan lainnya. Nah, dilansir dari Boldsky, berikut empat manfaat lari marathon.

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Marathon bisa meningkatkan kesehatan jantung (Pixabay/Pexels)
Marathon bisa meningkatkan kesehatan jantung (Foto: Pixabay/Pexels)

Lari marathon memang tidak boleh sembarangan. Kamu harus disiplin dan melakukannya dengan sungguh-sungguh. Latihan yang kamu lakukan itu mampu membantu meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan memperkuat hati.

2. Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah bisa turun saat melakukan olahraga marathon (Pixabay/geraldoswald62)
Tekanan darah bisa turun saat melakukan olahraga marathon (Foto: Pixabay/geraldoswald62)

Secara alami latihan lari marathon bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu olahraga yang cukup melelahkan tersebut mampu membuat semua bagian tubuh berfungsi baik.

3. Meningkatkan imun

Kamu tak akan mudah terserang penyakit (Pixabay/lazare)
Kamu tak akan mudah terserang penyakit (Fotp: Pixabay/lazare)

Ketika kamu rutin dalam latihan lari marathon secara otomatis imunitas kamu meningkat dan membuat fungsi tubuh lebih efisien. Meningkatnya imut membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit.

4. Meningkatkan kesehatan mental

Marathon bisa mengurasi stres (Pixabay/TheDigitalArtist)
Marathon bisa mengurasi stres (Foto: Pixabay/TheDigitalArtist)

Lari marathon bisa membuat fokus kamu lebih baik. Ketika menang marathon secara otomatis timbul perasaan senang. Hal tersebut akan berpengaruh pada mental dan rasa percaya diri. Selain itu lari marathon mujarab menghilangkan stres.

Itulah beberapa keutamaan lari marathon. Meski demikian, olahraga ini tidak boleh dilakukan sembarangan. Kamu harus mengikuti pelatihan dan diet. (yani)

Kredit : yani

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH