Ini Kronologis 'Crash Landing' Susi Air yang Diduga Ditembak

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Jumat, 16 Juni 2017
Ini Kronologis 'Crash Landing' Susi Air yang Diduga Ditembak
Ilustrasi pesawat jatuh. (Istimewa)

Pesawat Susi Air jenis Pilatus PK-BVC pagi tadi mengalami crash landing di Bandara Mulia, Kabupaten Puncak Jaya, Provinsi Papua, setelah ditembak oleh orang tak dikenal.

Penembakan mengakbiatkan ban pesawat kempes. Selain itu, tembakan juga mengenai badan pesawat bagian belakang.

Pesawat membawa 8 orang penumpang. Sebanyak 5 orang anggota Brimob, 2 orang masyarakat sipil, dan seorang pilot WNA Australia atas nama Steven. Saat ditembak, pesawat sedang membawa logistik.

Kadiv Humas Polri, Irjen Setyo Wasisto mengakui bahwa pesawat berbalik arah setelah take off dari bandara Mulia. Penerbangan di Bandara Mulia sempat terganggu selama kurang lebih 45 menit.

"Menurut keterangan anggota Brimob yang ikut terbang dari lapangan terbang distrik Lumo bahwa mereka mendengar tiga kali tembakan dari arah ujung lapangan terbang sebelah kali pada saat take off dari Lumo menuju ke Bandara Mulia," kata Setyo.

Berikut adalah kronologi crash landing pesawat Susi Air jenis Pilatus PK-BVC:

1. Pukul 08.50 WITA pesawt pilatus PK-BVC terbang dari Bandara Mulia menuju ke distrik Lumo.

2. Pukul 09.20 WITA pesawat pilatus PK-BVC kembali landing di bandara mulia tetapi pada saat landing dengan jarak +- 300 m dari apron pilot mematikan mesin pesawat karena mengalami kempes diban sebelah kanan.

3. Selanjutnya dengan bantuan aparat keamanan dan masyarakat, pesawat dievakuasi dengan di dorong menuju tempat parkir di apron dengan jarak +- 300 meter.

4. Pukul 10.04 WITA pesawat berhasil di evakuasi ke parkiran apron bandra mulia.

5. Pujul 10.17 WITA setelah dilakukan pengecekan oleh pihak kepolisian maka didapati lubang yang diindikasikan akibat tembakan pada pelek ban roda sebelah kanan pesawat serta terdapat sebuah lubang pada badan pesawat bagian bawah depan.

6. Pukul 10.05 WITA penerbangan dapat kembali berjalan normal. (Ayp)

Baca berita terkait penembakan pesawat Susi Air lainnya di: Pesawat Susi Air Ditembak

#Susi Pudjiastuti #Pesawat Jatuh #Susi Air
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan