Ini Khasiat Jika Sering Makan Mentimun Ada banyak manfaat mentimun bagi kesehatan (Sumber: Pixabay/krzys16)

RENYAH, berair, segar dan sehat, mungkin itu istilah yang pas untuk menggambarkan mentimun. Sangat sehat dan menyegarkan, mentimun kaya akan air dan dapat memberikan manfaat luar biasa bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badan.

Tapi bukan hanya itu saja, kandungan yang luar biasa dari mentimum seperti Vitamin K, Vitamin B, tembaga, potasium, Vitamin C dan mangan membuatnya memiliki segudang manfaat kesehatan lain. Nah, dilansir dari Boldsky, berikut ini manfaat mentimun juka kamu mengonsumsinya secara rutin.

1. Mengurangi stres

Dapat mengurangi stres (Sumber: Pixabay/TheDigitalArtist)
Dapat mengurangi stres (Sumber: Pixabay/TheDigitalArtist)

Mentimun kaya akan vitamin, terutama vitamin B kompleks meliputi vitamin B1, vitamin B5, dan vitamin B7. Vitamin-vitamin ini bekerja bersama dalam merelaksasi sistem saraf serta membantu meredakan serangan panik dan kecemasan yang disebabkan oleh stres.

2. Meningkatkan kesehatan otak

meningkatkan kesehatan otak (Sumber: Pixabay/ElisaRiva)
meningkatkan kesehatan otak (Sumber: Pixabay/ElisaRiva)

Mentimun mengandung flavonoid anti-inflamasi yang hebat dalam meningkatkan kesehatan otak. Flavonoid membantu meningkatkan konektivitas neuron, sehingga meningkatkan kognisimu. Hal itu tidak hanya membantu dalam menjaga memori kamu tetapi juga akan melindungi sel-sel saraf dari kerusakan yang berkaitan dengan usia.

3. Membantu proses pencernaan

Meningkatkan proses pencernaan (Sumber: Pixabay/derneuemann)
Meningkatkan proses pencernaan (Sumber: Pixabay/derneuemann)

Mentimun kaya akan serat larut dan air. Mulailah kebiasaan sehat dengan menambahkan mentimun di salad serta biji wijen dan cuka sari apel. Ini bagus untuk sistem pencernaan karena membantu mencegah refluks asam. Mentimun juga membantu mengurangi kadar pH di lambung dan mengatasi sembelit.

4. Melindungi kesehatan jantung

Melindungi kesehatan jantung (Sumber: Pixabay/Pexels)
Melindungi kesehatan jantung (Sumber: Pixabay/Pexels)

Mentimun mengandung kadar kalium tinggi, sangat baik dalam mengatur tekanan darah. Kalium bertindak sebagai elektrolit yang membantu mengatur fungsi seluler. Ia juga membantu dalam merawat sistem saraf, kontraksi otot, dan fungsi jantung.

5. Memperbaiki pergerakan usus

Membantu pergerakan usus (Sumber: /silviarita)
Membantu pergerakan usus (Sumber: Pixabay/silviarita)

Salah satu manfaat utama dari mengonsumsi mentimun adalah membantu gerakan usus secara teratur. Kaya air dan kandungan serat larut, mentimun membantu meningkatkan konsistensi feses dan mencegah sembelit. Ia juga meningkatkan frekuensi buang air besar sembari memberi makan bakteri bermanfaat dari usus.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH