Ini Keuntungan Konsumen Ketika Sriwijaya Air dan NAM Air diambil Alih Garuda Indonesia

Muchammad YaniMuchammad Yani - Jumat, 16 November 2018
Ini Keuntungan Konsumen Ketika Sriwijaya Air dan NAM Air diambil Alih Garuda Indonesia
Pesawat Sriwijaya Air. (Foto: instagram@sriwijayaair)

PENGELOLAAN finansial dan operasional Sriwijaya Air dan NAM Air diambil alih oleh anak perusahaan PT Garuda Indonesia TBK (GIAA) yakni PT Citilink Indonesia. Langkah tersebut dilakukan dengan bentuk penandatanganan Kerjasama Operasional (KSO).

Dikatakan kalau pengambilalihan itu akan menyelamatkan persoalan keuangan yang dihadapi dua maskapai itu. Lantas apakah hal tersebut berdampak langsung kepada para konsumen?

1. Konsumen menjadi banyak pilihan saat ingin berpergian menggunakan pesawat

Maskapai Citilink (Sumber: citilink)
Maskapai Citilink yang memiliki service yang sama dengan Garuda Indonesia. (Foto: citilink)

Ziva Narendra Arifin, CEO dan Co-founder Aviatory Indonesia mengatakan ada beberapa keuntungan yang akan didapat konsumen terutama bagi para pengguna layanan penerbangan Garuda Indonesia Group. Menurutnya hal yang paling pasti setelah pengambilalihan itu adalah lebih banyak pilihan.

"Yang jelas dampak bagi konsumen adalah akan lebih banyak pilihan. Karena rencana strategi bisnisnya akan mau head to head sama Lion Air dari armada Boeing, Airbus sampai ATRnya. Jadi kalau kita kita lihat Citilink, Sriwijaya dan NAM berbeda kan," katanya melalui sambungan telepon, Jumat (16/11).

2. Bakal ada penambahan rute hingga armada

NAM Air (Sumber: instagram/sriwijayaair)
NAM Air bernaung dengan Sriwijaya Air. (Foto: instagram@sriwijayaair)

Selain itu tentunya konsumen akan merasakan penambahan rute, jam terbang serta armada dari Garuda Indonesia Group. "Jadi bayangan saya kalau kerjasama ini tujuannya adalah menambah rute, mungkin juga akan ada penambahan armada dan penambahan jadwal jadi konsumen akan diuntungkan dengan banyak pilihan," lanjutnya.

3. Akan merasakan fasilitas standar Garuda Indonesia

NAM Air (Sumber: instagram/sriwijayaair)
NAM Air ikut bergabung dengan Garuda Indonesia Group. (Foto: instagram@sriwijayaair)

Keuntungan lain yang didapat konsumen adalah fasilitas pelayanan Sriwijaya Air yang mungkin akan mengikuti standar Garuda Indonesia Group. "Bisa saja kalau standar KSO ada di bawah Garuda maka akan lebih merapat ke standar pelayanan garuda namun apakah penetapan Sriwijaya (Air) sebagai LCC atau full service ini yang masih kita lihat bersama," ujar Ziva. (yani)

#Sriwijaya Air #Citilink #Citilink Indonesia #Pesawat
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan