Ini Kata Reza Rahadian tentang Sosok Pahlawan di Industri Film Indonesia Reza Rahadian punya pandangan sendiri tentang pahlawan dunia perfillman Indonesia. (foto: Instagram @officialpilarez)

BAGI aktor Reza Rahadian, dunia perfilman Indonesia memiliki dua pahlawan. Mereka ialah Usmar Ismail dan Jamaluddin Malik. Kedua tokoh itu, kata Reza, layak disebut pahlawan karena memiliki jasa yang tak terhitung di industri film Indonesia.

"Kita punya rekam jejak tentang para tokoh perfilman Indonesia yang ikut membangun kelahiran industri film Indonesia dan berkontribusi cukup besar juga. Buat saya, dua tokoh itu besar sekali jasanya bagi perfilman Indonesia," ujar Reza di Jakarta, Jumat (8/11) sebagaimana dilansir Antara.

BACA JUGA: Benarkah Tan Malaka Pernah Bertunangan?

Selain itu, menurut pria 32 tahun itu, Usmar Ismail dan Jamaluddin Malik perlu dikenal banyak orang. Terutama oleh para pemain film dan penikmat film Indonesia. Reza beralasan mereka merupakan tokoh penting di balik berdirinya perusahaan film negara. "Mereka dua orang yang menurut saya juga memelopori berdirinya perusahaan film negara. Jadi, penting banget sebagai orang film kita juga harus mengenal sejarah perfilman Indonesia seperti apa," katanya.

Reza rahadian
Reza Rahadian amat mengapresiasi tokoh perfilman nasional. (foto: Instagram @officialpilarez)

Tidak hanya mereka berdua, Reza menambahkan masih banyak lagi deretan pahlawan di industri film Indonesia. Kali ini, Reza menyebut dua artis senior dan sutradara legendaris yang pantas disebut pahlawan di dunia film Indonesia. Karya-karya dan pengalaman mereka patut diacungi jempol. "Lahirnya Ibu Christine Hakim, kelahiran Slamet Raharjo. Kita punya Teguh Karya dengan teater populernya, kenal dengan produksi-produksi film yang bobotnya luar biasa," paparnya.

Untuk Teguh Karya, menurut Reza, layak disebut pahlawan film karena karya-karya film Indonesia mencapai masa keemasan di eranya. Dia juga menyebut film Indonesia berjaya di era sutradara Wim Umboh maupun Arifin C Noer. Kedua orang itu juga harus diapresiasi sebagai pahlawan bagi Reza.

reza rahadian
Memaknai Hari Pahlawan dengan keterlibatan. (foto: Instagram @officialpilarez)

Selain itu, Reza mengaku memaknai hari pahlawan dengan cara terlibat di organisasi yang bergerak di bidang kemanusiaan. Ia juga memperjuangkan hak pendidikan anak agar selalu mendapatkan ruang kelas untuk belajar yang layak digunakan.

Dalam bidangnya sebagai aktor, pria asal Bogor itu mengaku selalu berusaha memberikan yang terbaik dalam berakting sebagai bentuk penghargaan kepada para pahlawan yang gugur. Tidak lupa ia selalu menjaga professionalisme dalam menjalankan profesinya itu. "Untuk menjadi seorang aktor, saya menjaga profesionalisme bekerja. Itu juga perjuangan. Mengasah kemampuan berakting itu sebuah perjuangan yang bisa dilakukan anak-anak zaman sekarang," tukasnya. (ikh)

BACA JUGA: Bung Tomo-Sulistina Cinta Bersemi di Pertempuran Surabaya

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH