Kesehatan
Ini kata para Ahli tentang Kopi Sehat Ada kriteria untuk kopi yang sehat.(Foto: 123RF/lightfieldstudios)

KOPI hitam tanpa tambahan gula, krim, susu, atau bahan perasa tambahan lain menjadi favorit banyak penggemar berat minuman berkafein ini. Mereka tahu kopi semacam itu lebih sehat. Mereka pun tak ragu lagi mengonsumsi kopi banyak-banyak. Namun, sesehat-sehatnya kopi, kalau kamu meminum satu poci atau lebih sehari, tetap saja akan ada efek sampingnya.

Menurut National Coffee Association, sebanyak 63% orang Amerika meminum kopi setiap hari dengan rata-rata 3,2 cangkir per peminum kopi. Ada banyak penelitian untuk menentukan apakah itu sehat. Minum hingga enam cangkir per hari terbukti tidak meningkatkan risiko kematian akibat kanker atau penyakit kardiovaskular secara umum.

BACA JUGA:

Barista Starter Pack, Bikin Cewek-Cewek Betah Pelesiran ke Coffee Shop

Namun, perlu diingat dalam kebanyakan penelitian kita berbicara tentang cangkir kecil, sementara gelas standar di kedai kopi besarnya bisa 2,5 kali dari cangkir tersebut.

Selain itu, konsumsi kopi telah terbukti terkait dengan risiko yang lebih rendah untuk beberapa jenis kanker, serta banyak gangguan hati dan bahkan gangguan neurodegeneratif seperti penyakit Parkinson dan penyakit Alzheimer.

Jika ada sisi negatif lain yang sering dikutip pada konsumsi kopi, itu ialah potensi kecil untuk peningkatan kadar kolesterol. Namun, di sinilah hal-hal menjadi menarik. Ternyata penggunaan filter kertas kopi dapat mencegah hal itu terjadi. Zat di bagian berminyak dari kopi yang disebut cafestol dan kawheol, yang merangsang kadar kolesterol LDL, ditangkap filter kertas. Kondisi itu tidak akan terjadi jika kamu menggunakan French press, kopi Turki, atau kopi tubruk. Kopi instan juga memiliki level yang lebih rendah, sedangkan espresso ada di antaranya.

Fakta tersebut akan membuat kamu bertanya-tanya, ada sekitar sejuta cara membuat secangkir kopi. Apakah penting yang mana yang kamu pilih? Apakah penting jika kamu memilih seduhan drip atau French press, atau apakah roast itu penting, atau apakah spesies biji kopi yang berbeda lebih baik atau lebih buruk bagi kesehatan?

Ternyata itu adalah pertanyaan yang jauh lebih sulit dijawab daripada apakah kopi secara umum baik untukmu. Beberapa penelitian di Italia, akan membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Berikut beberapa poin yang dirangkum dari Prevention.com, (22/1).

1. Arabika lebih baik daripada Robusta

kopi
Arabika punya keseimbangan senyawa sehat yang lebih baik. (foto: unspalsh/nathan dumlao)

Kopi mengandung tiga senyawa yang menyehatkan: trigonelin, kolin, dan asam klorogenat. Trigonelline melakukan segala macam hal, termasuk memperkuat otak melawan Alzheimer dan Parkinson, dan menjadi anti-semua jenis hal-hal buruk, seperti tumor, bakteri, dan virus. Kolin adalah nutrisi yang berguna dalam banyak proses metabolisme. Asam klorogenat merupakan antioksidan yang juga membantu penyakit lain, termasuk penyakit kardiovaskular.

Penelitian menemukan, meskipun asal biji kopi tidak menjadi masalah, spesies berpengaruh. Setelah dipanggang, kopi arabika memiliki keseimbangan senyawa sehat yang lebih baik daripada robusta.

2. Pilih jenis roasting wash

kopi
Roasting wash lebih menyehatkan.(Foto: 123RF/Simon Dannhauer)

Roasting atau sangrai mendegradasi asam klorogenat, tetapi membangun senyawa coklat yang disebut melanoidin yang baik untukmu. Beberapa penelitian terbaru menemukan, ekstrak sangrai gelap lebih bermanfaat daripada ekstrak sangrai ringan dalam hal Alzheimer dan Parkinson. Begitu pula dengan penelitian sekarang, jadi memilih roasting wash akan lebih menyehatkan.

3. Semakin kaya rasa, semakin sehat

kopi
Gunakan filter kertas.(123RF/Viroj Suttisima)

Para peminum kopi hitam pasti tahu bahwa tanpa tambahan apa pun, rasa minuman ini lebih mantap, bernuansa, dan kompleks. Bagaimana rasa tersebut memengaruhi unsur kesehatan? Campuran rasa yang membingungkan membuatnya sulit untuk dipelajari tapi unsur itu pula yang membuatnya menyehatkan. Dengan kata lain, jika kamu benar-benar suka kopi, apa yang membuat rasanya enak juga yang membuatnya sehat, titik.

Pada akhirnya, jika kamu sudah berhasil menghilangkan gula, krim, susu, dan berbagai penambah rasa dari cangkir kopimu, kamu bisa merasa cukup aman untuk minum banyak kopi. Asal, kamu tetap membeli biji kopi arabika berkualitas, memilih roasting wash, dan menggunakan filter kertas.(Aru)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Yuk Intip Penampilan Air Jordan 1 Mid SE Metallic Gold yang Super Mewah
Fun
Yuk Intip Penampilan Air Jordan 1 Mid SE Metallic Gold yang Super Mewah

Ada juga informasi tentang harga, ukuran, dan tanggal rilisnya.

Tips Mengatasi Trauma Pengalaman Menyedihkan
Hiburan & Gaya Hidup
Tips Mengatasi Trauma Pengalaman Menyedihkan

Kenali tips untuk mengatasi trauma yang menyedihkan, seperti kehilangan keluarga akibat kecelakaan pesawat

Zodiak yang Suka Bergosip
Fun
Zodiak yang Suka Bergosip

Karakter zodiak yang suka bergosip

'Grand Theft Auto Online' Alami Kendala Akibat Penuhnya Server
Fun
'Grand Theft Auto Online' Alami Kendala Akibat Penuhnya Server

Kamu akan mendapatkan banyak kendala selama bermain 'Grand Theft Auto' Online.

Teknologi Pengenalan Wajah Penumpang Pesawat Tengah Diuji
Fun
Teknologi Pengenalan Wajah Penumpang Pesawat Tengah Diuji

Penumpang memasukkan identitas mereka ke perangkat dengan kemampuan pengenalan wajah.

Setelah 12 Tahun, Stephenie Meyer Rilis Novel 'Midnight Sun' dari Dunia Twilight
Fun
Setelah 12 Tahun, Stephenie Meyer Rilis Novel 'Midnight Sun' dari Dunia Twilight

Meyer akan bercerita dari sudut pandang sang vampir.

Daftar Lengkap Pemenang iHeartRadion Music Awards 2020
ShowBiz
Daftar Lengkap Pemenang iHeartRadion Music Awards 2020

Berikut adalah daftar pemenang iHearRadion Music Awards 2020

NonaRia: 'Malu Dong' Hari Gini Masih Buang Sampah Sembarangan
ShowBiz
NonaRia: 'Malu Dong' Hari Gini Masih Buang Sampah Sembarangan

Single ini berisikan imbauan untuk membuang sampah pada tempatnya.