Menyibak Jurus Terlarang Perguruan Silat Misar Siban Jalan Enam Pengasinan Salah satu jurus silat. (Foto: Merahputih.com/Rizki Fitrianto)

NAMA Perguruan Silat MS (Misar Siban) Jalan Enam Pengasinan, mungkin tidak akan asing bagi para pesilat di Indonesia. Pasalnya, perguruan silat tersebut memiliki jurus mematikan dan dinyatakan terlarang oleh Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) saat peresmian di Bogor.

Ihwal demikian, dituturkan oleh Udin Kusen selaku Pembina Perguruan Silat MS Jalan Enam Pengasinan saat merahputih.com berkunjung ke rumah yang berlokasi di Jalan Pengasinan No. 6 RT 03/03, Depok.

"Ada beberapa jurus mematikan dari silat ini. Karena itu, oleh IPSI dilarang. Kami tidak ikut turnamen pencak silat yang diadakan oleh IPSI," kata Udin Kusen (50) di rumahnya dengan seragam pangsi lengkap.

Adapun jurus-jurus tersebut di antaranya, beberapa konsep jurus pukulan, bertahan, kuncian, dan menyerang yang memiliki tingkat risiko tinggi.

Udin Kusen selaku Pembina Perguruan Silat MS Jalan Enam Pengasinan, Depok. (Foto: Merahputih.com//Noer Ardiansjah)

Dengan konsep Jalan Enam, tambah Udin, merupakan bagian dasar pada tubuh manusia yang menjadi tiga titik: atas, tengah, dan bawah. "Ketiga titik tersebut, akan dibagi lagi menjadi dua kiri dan dalam, atau bagian luar dan dalam. Kemudian, total gerakan akan menjadi enam titik," katanya.

"Jurus mematikan lainnya adalah Empat Pancer, pergerakan ketika bermain jurus dan juga dalam pembentengan diri terhadap serangan lawan. Di sini, kalau untuk memukul tidak boleh setengah, harus penuh. Hal tersebutlah, yang menjadikan jurus Perguruan Silat MS Jalan Enam Pengasinan mematikan dan dilarang," paparnya sambil menirukan jurus tersebut.

Meski demikian, Udin juga mengatakan tujuan didirikannya perguruan tersebut adalah untuk menjalin silaturahmi serta persatuan generasi bangsa, terlepas dari sejarah perjuangan terdahulu yang bertujuan untuk melawan penindasan.

"Kondisi yang membedakan. Dulu masa perjuangan yang menuntut untuk berperang. Sekarang, untuk mempererat silaturahmi dan persatuan," tutupnya.


Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH