Ini Jumlah Kalori yang Terbakar Saat Orgasme! Orgasme dapat membakar 3 kalori bagi wanita sementara pria 4 kalori (Foto: Pexels/Pixabay)

ORGASME menjadi titik dalam kegiatan percintaan. Inilah momen yang paling tunggu, puncak dari aktivitas bercinta yang paling tinggi. Intinya kalau kamu mengalami orgasme tandanya percintaan kamu dan pasangan sangat dahsyat! Sekujur tubuh akan merasakan kenikmatan yang tidak akan terlupakan.

Selain itu mengalami orgasme juga membakar kalori kamu. Saat orgasme otot-otot tubuh berkontraksi, napas semakin cepat dan disertai dengan keringat. Jantung kamu terpompa seakan-akan kamu telah mengikuti lari maraton. Itulah mengapa kalori tubuh kamu ikut terbakar saat orgasme.

Lalu, sebenarnya seberapa banyak sih kalori yang terbakar saat orgasme? Melansir Men's Health, Dr. Uchenna Ossai seorang ahli terapi fisik pelvis dan pendidik seks membeberkan jumlah kalori yang terbakar karena orgasme.

Untuk menjawab hal tersebut Dr. Ossai memiliki referensi pada sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2013. Penelitian tersebut diterbitkan dalam jurnal Plos One. Hasilnya pria dan wanita memiliki kalori yang terbakar dengan jumlah berbeda saat orgasme. Setiap menitnya pria membakar 4 kalori sementara wanita 3 kalori saat mengalami orgasme.

Orgasme tidak harus menunggu ejakulasi (Foto: Pexels/Tracey Shaw)

"Jadi, jika kita melihat ukuran detak jantung, dan orgasme berlangsung sekitar 10 hingga 60 detik, akan ada pembakaran maksimum 4 kalori (selama orgasme)," katanya. Artinya hanya sedikit jumlah kalori yang terbakar karena orgasme. Bahkan jika seseorang sering mengalami orgasme nampaknya tidak ada pengaruh besar ketika mengalami orgasme, nampaknya tidak ada pengaruh besar terhadap pembakaran kalori.

Tapi tunggu dulu, orgasme memang tidak banyak membakar kalori. Namun, orgasme memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh kamu. Contohnya orgasme dapat menghilangkan rasa sakit, membantu cepat terlelap, meningkatkan fungsi kognitif, hingga meningkatkan mood kamu. "Orgasme adalah alat untuk mengatasi stres dan kecemasan," tambah Dr. Ossai.

couple
Orgasme dapat menghilangkan rasa capek. (Foto: Pexels/Pixabay)

Satu hal lagi yang perlu kamu tahu, mengalami orgasme tidak perlu menunggu ejakulasi. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencapai orgasme. Terutama bagi para wanita. Misalnya wanita bisa mendapatkan orgasme karena sentuhan kulit yang biasa disebut dengan orgasme kulit.

Intinya bercinta bukanlah sebuah aktivitas yang sakadar mencapai ejakulasi. Namun, bercinta sebenarnya adalah ketika mengalami kenikmatan pasca beraktivitas, alias mengalami orgasme. (ikh)

Baca juga: Kegiatan Setelah Seks Ini Pantang Dilewatkan

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH