Ini Jawaban KPU Ketika Prabowo Subianto Klaim Unggul dari Jokowi Komisioner KPU Pramono Ubaid meminta Prabowo tunggu hasil resmi KPU (Foto: MP/Asropih)

MerahPutih.Com - Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto mengklaim telah unggul dari Jokowi-Ma'ruf dalam Pilpres 2019. Prabowo menyebut meraih suara 55,4 persen berdasar exit poll yang dilakukan internalnya, dan meraih 52,2 persen berdasar quick count atau penghitungan cepat.

Adanya klaim itu, Komisioner KPU, Pramono Ubaid Tanthowi meminta kepada salah satu calon dan masyarakat untuk menunggu hasil resmi dari KPU.

"Tapi terkait dengan hasilnya tentu agar tidak menimbulkan kebingungan silakan menunggu hasil resmi yang dikeluarkan KPU setelah rekapitulasi nasional selesai," kata Pranomo di Hotel Rizt Carlton, Jakarta Selatan, Rabu (19/4).

Prabowo bersama pendukungnya melakukan sujud syukur klaim menangi Pilpres 2019
Prabowo bersama pendukungnya melakukan sujud syukur mengklaim menangi Pilpres 2019 (MP/Asropih)

Ia juga berharap kepada masyarakat untuk mengikuti perkembangan hasil pesta demokrasi lima tahunan ini dengan dewasa dan tenang. Lantaran hasil yang tersebar saat ini hanya hitungan cepat dan bukan lembaga resmi penyelenggara pemilu.

"Yang saat ini beredar adalah hasil quick qount," tutur dia.

Meski demikian, kata dia, lembaga-lembaga survei yang sudah mendapatkan akreditasi dari KPU hasilnya bisa dipertanggung jawabkan. Namun, Lanjut dia, jika ada kesalahan dan data keliru bisa dikenakan sanksi.

"Tapi terkait dengan hasilnya tentu agar tidak menimbulkan kebingungan silahkan masyarakat menunggu hasil resmi yang dikeluarkan oleh KPU setelah rekapitulasi nasional selesai," ungkap dia.

Seperti diketahui, Prabowo Subianto mengklaim bahwa paslon 02 unggul dari Jokowi-Ma'ruf dalam Pilpres 2019. Prabowo menyebut meraih suara 55,4 persen berdasar exit poll yang dilakukan internalnya, dan meraih 52,2 persen berdasar quick count.

"Hasil exit poll kita di 5.000 TPS menunjukkan kita menang 55,4% dan hasil quick count kita menang 52,2%," kata Prabowo di kediamannya, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Rabu (17/4).(Asp)

Kredit : asropih


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH