Ini Harta Kekayaan Bupati Labuhanbatu yang Terjaring OTT KPK Gedung KPK (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

MerahPutih.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Bupati Labuhanbatu, Sumatera Utara, Pangonal Harahap Selasa (17/7) kemarin.

Bupati Pangonal dan ajudannya ditangkap di Bandara Soekarno-Hatta. Sementara tiga orang lainnya yang merupakan pihak swasta ditangkap di wilayah Labuhanbatu. Ia diduga menerima uang ratusan juta rupiah dari pihak swasta terkait proyek di Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Labuhanbatu.

Berdasarkan data dari acch.kpk.go.id yang dilihat merahputih.com Rabu (18/7), Pangonal tercatat melaporkan harta kekayaannya pada 7 Oktober 2016. Dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tersebut, Pangonal memiliki total kekayaan sejumlah Rp5 miliar. Adapun harta yang dimiliki Pangonal terdiri dari harta bergerak dan tidak bergerak.

Bupati Labuhanbatu Panganol Harahap
Bupati Labuhanbatu Pangonal Harahap (kanan) (Foto: labuhanbatukab.go.id)

Pangonal tercatat memiliki harta tak bergerak berupa 30 bidang tanah yang tersebar di sejumlah daerah di antaranya, di Kabupaten Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, Deli Serdang, dan Kota Medan, Sumatera Utara.

Total nilai harta tak bergerak kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini mencapai Rp2,6 miliar. Sedangkan untuk harta bergerak, Pangonal memiliki mobil Ford Fiesta senilai Rp200 juta, Mitsubishi Truck senilai Rp600 juta, dan Mitsubishi Strada Triton senilai Rp402,5 juta.

Pangonal turut mengoleksi logam mulai senilai Rp38,7 juta. Ia juga menyimpan giro atau setara kas sejumlah Rp1,1 miliar. Pangonal terpilih menjadi bupati Labuhanbatu, Sumatera Utara bersama Andi Suhaimi selaku wakil bupati. Mereka berdua menjabat untuk periode 2016-2021. (Pon)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH