Pemulihan Ekonomi

Ini Dukungan Kebijakan Untuk Pulihkan Ekonomi di 2021

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Selasa, 02 Februari 2021
Ini Dukungan Kebijakan Untuk Pulihkan Ekonomi di 2021
Buruh Perempuan, (Foto: Antara).

MerahPutih.com - Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) menyiapkan lima langkah kebijakan yang mendukung prospek pemulihan ekonomi Indonesia untuk tahun ini. Kebijakan pertama adalah pembukaan sektor-sektor produktif dan aman secara nasional maupun di masing-masing daerah.

"Sektor-sektor yang mulai bisa dibuka dan mulai bisa bekerja termasuk manufaktur dilakukan baik secara nasional maupun daerah," ujar Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, Senin (1/2).

Kebijakan kedua adalah percepatan dari realisasi kebijakan fiskal terutama dari sisi belanja negara, serta kebijakan ketiga adalah peningkatan dan pertumbuhan kredit perbankan dari sisi permintaan maupun penawaran.

Baca Juga:

Omnibus Law Jadi Instrumen Pemulihan Ekonomi

Kebijakan keempat adalah keberlanjutan stimulus moneter dan makroprudensial dan kebijakan kelima adalah percepatan digitalisasi ekonomi dan keuangan khususnya terkait pengembangan UMKM.

“Prospek perekonomian ini akan memerlukan dukungan kebijakan baik untuk akselerasi pemulihan maupun yang sifatnya memperbaiki kondisi fundamental atau struktural perekonomian,” ujar Sri Mulyani yang juga ketua KKSK.

Sri menegaskan, perbaikan dan pelaksanaan UU Cipta Kerja juga turut berpotensi menciptakan sumber pertumbuhan baru sekaligus mengakselerasi pertumbuhan yang telah ada melalui peningkatan produktivitas.

Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Foto: Antara)
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Foto: Antara)

“Itu juga akan meningkatkan nilai tambah dari sektor-sektor produksi serta integrasi antar sektor dan antar wilayah yang akan menciptakan pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif,” kata Sri Mulyani.

Sri Mulyani memastikan KSSK akan terus mendukung dan mendorong percepatan pemulihan ekonomi melalui koordinasi serta sinergi kebijakan maupun instrumen. Tren perbaikan ekonomi tahun ini akan didukung oleh kemajuan penanganan COVID-19 termasuk program vaksinasi.

“Ke depan untuk perekonomian tahun 2021 ini, akan terus mengawal dan trennya akan terus membaik didukung dengan kemajuan penanganan COVID-19 termasuk vaksinasi,” katanya. (Asp)

Baca Juga:

Begini Anggaran Pemulihan Ekonomi di 2021

#Pemulihan Ekonomi #Ekonomi Indonesia #Sri Mulyani
Bagikan
Bagikan