Ini Dia Karya Kostum yang Bakal Tersaji di SBC X Kostum yang dipamerkan di SBC X (Merahputih.com / Win)

Bagi yang sedang berada di Solo jangan lewatkan ajang Solo Batik Carnival (SBC) X, yang dilaksanakan pada Jumat-Minggu (14-16/7) besok. Nantinya di acara tahunan ini Anda bisa melihat kostum-kostum unik dari desainer ternama.

Tak tanggung-tanggung, untuk tahun ini ada enam kostum hasil karya tema utama SBC X, Astamurti Kawijayan. Enam sajian kostum tersebut, yakni kostum wayang, topeng, ratu pantai selatan, candi, lampu serta Jatayu.

Ketua Yayasan SBC Susanto ketika mengadakan jumpa pers dengan wartawan, Kamis (13/7) mengatakan, sajian kostum SBC X ini merupakan karya terbaik dari SBC di tahun-tahun sebelumnya.

“Makanya kami mengambil tema Astamurti Kawijayan, karena kami ingin mengekslpore kembali kekayaan Jawa dan juga kostum yang pernah di buat di SBC sebelumnya,” jelasnya.

Sementara itu salah seorang anggota dari Yayasan SBC lainnya, Indah Wijayanti menambahkan, untuk tahun ini ada sebanyak 190 peserta.

“Sebenarnya ada lebih dari 200 yang mendaftar, namun harus kami seleksi. Mengingat peserta lainnya tidak menampilkan karya sesuai tema yang kami tentukan,” katanya.

Sementara itu Walikota FX. Hadi Rudyatmo dan Wakil Walikota Achmad Purnomo dipastikan akan ikut ambil bagian, dengan menggenakan kostum Jatayu.

Nantinya, SBC X ini akan dilaksanakan di area Benteng Vastenburg, Jalan Bhayangkara, Surakarta. Selain memamerkan enam kostum tersebut, di SBC X juga akan ada penampilan dari Jember Fashion Carnaval, Gilang Ramadhan Studio Band (GRSB), Peni Chandra Rini hingga Caruban Carnival.

Berita ini berdasarkan laporan Win , reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Solo dan sekitarnya. Untuk membaca artikel Win lainnya disini: Tempat Favorit yang Dikunjungi Wisatawan Lokal dan Asing di Kota Solo.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

YOU MAY ALSO LIKE