Ini Daftar Maskapai Terbaik Dunia untuk Tahun 2021

Muchammad YaniMuchammad Yani - Jumat, 23 Juli 2021
Ini Daftar Maskapai Terbaik Dunia untuk Tahun 2021
Qatar Airways naik peringkat untuk merebut posisi teratas. (Foto: nationthailand.com)

INI merupakan tahun yang berat bagi industri penerbangan, dengan banyak maskapai yang mengandangkan pesawat selama hampir keseluruhan tahun 2020. Namun, ketika perjalanan udara kembali beroperasi di beberapa wilayah, AirlineRatings.com telah merilis rangkuman tahunan maskapai terbaik dunia. Daftar ini siap membantu para pelancong memutuskan maskapai mana yang akan dipilih untuk kembali bepergian.

Badan pemeringkat produk dan keselamatan penerbangan yang berbasis di Australia menyusun Airline Excellence Awards berdasarkan kriteria termasuk usia armada, ulasan penumpang, dan penawaran produk. Tahun ini, tim editor global juga memasukkan tanggapan maskapai penerbangan terhadap COVID-19.

Baca juga:

Kolaborasi Bangun Engagement antara Kemenparekraf dan BPJS

Tahun ini ada pendatang baru di nomor satu: Qatar Airways naik peringkat untuk merebut posisi teratas, mengalahkan pemenang sebelumnya Air New Zealand. Pemenang sebelumnya telah menduduki puncak daftar enam kali selama beberapa tahun terakhir dan tahun ini merosot ke nomor dua.

Geoffrey Thomas, pemimpin redaksi AirlineRatings.com mengatakan kepada CNN Travel (22/7), tanggapan Qatar Airways terhadap pandemi yang membawanya ke peringkat puncak.

Air New Zealand yang telah menduduki peringkat teratas enam kali, tahun ini merosot ke nomor dua. (Foto: plane.org)
Air New Zealand yang telah menduduki peringkat teratas enam kali, tahun ini merosot ke nomor dua. (Foto: plane.org)

"Qatar Airways selalu mendapat peringkat tinggi dalam peringkat kami, memenangkan berbagai penghargaan seperti Kelas Bisnis Terbaik, tetapi komitmen maskapai untuk menjaga jaringan rutenya tetap terbuka yang menarik pujian para juri dan memenangkan suara mereka," kata Thomas.

Thomas juga menunjuk penerbangan repatriasi maskapai, dan komitmennya untuk membuat pengalaman terbang pandemi seaman mungkin.

Pengaruh Pandemi pada Penilaian

AirlineRatings.com biasanya mengumumkan maskapai topnya pada bulan November, untuk mengantisipasi tahun depan. Pandemi memaksa lembaga pemeringkat keselamatan dan produk penerbangan untuk mengubah segalanya.

Baca juga:

Mengembangkan Kafe di Perdesaan

"Kami menunda pengumuman ke tahun 2021 karena kekacauan Covid dan kami ingin melihat bagaimana industri akan menangani pandemi dalam jangka waktu yang lebih lama sebelum membuat pilihan," jelas Thomas.

Biasanya, profitabilitas adalah salah satu faktor utama yang dinilai oleh juri saat mereka menentukan peringkat maskapai penerbangan teratas, tetapi karena dampak finansial yang tajam dari COVID-19 pada industri penerbangan, keuangan tidak menjadi pertimbangan tahun ini. "Kami harus membatalkannya tahun ini karena hampir semua maskapai merugi," kata Thomas.

Bergabung dengan Qatar Airways dan Air New Zealand di lima besar tahun ini adalah Singapore Airlines di nomor tiga. Singapore Airlines sebelumnya memenangkan penghargaan maskapai terbaik pada tahun 2019.

Peringkat tiga Singapore Airlines, sebelumnya pernah nomor satu pada tahun 2019. (Foto: network.co)
Peringkat tiga Singapore Airlines, sebelumnya pernah nomor satu pada tahun 2019. (Foto: network.co)

Nomor empat dalam daftar AirlineRatings.com adalah Qantas. Maskapai Aussie secara terpisah diperingkatkan sebagai maskapai teraman di dunia oleh AirlineRatings awal tahun ini. Di nomor lima adalah Emirates yang berbasis di Dubai.

Selain peringkat 20 besar, AirlineRatings.com juga memberikan penghargaan tambahan untuk penawaran maskapai, termasuk untuk kelas satu terbaik (Singapore Airlines), awak kabin terbaik (Virgin Australia) dan lounge bandara terbaik (Qantas).

Sementara itu, maskapai murah EasyJet memenangkan penghargaan maskapai penerbangan berbiaya rendah terbaik untuk Eropa, sementara Jetstar menang di Asia/Pasifik dan Southwest menang di Amerika. (aru)

Berikut 20 maskapai teratas AirlineRatings.com untuk tahun 2021

1. Qatar Airways

2. Air New Zealand

3. Singapore Airlines

4. Qantas

5. Emirates

6. Cathay Pacific

7. Virgin Atlantic

8. United Airlines

9. EVA Air

10. British Airways

11. Lufthansa

12. ANA

13. Finnair

14. Japan Air Lines

15. KLM

16. Hawaiian Airlines

17. Alaska Airlines

18. Virgin Australia

19. Delta Air Lines

20. Etihad Airways

(Aru)

Baca juga:

Destinasi Wisata Curug Seeng Tasikmalaya, Pesona Alam Tanah Sunda

#Wisatawan #Wisata #Penerbangan
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan