Ini Cara Orang Tua Dulu Mengobati Penyakit TBC Ilustrasi. (Istimewa)

Pengobatan tradisional yang dilakukan orang tua dulu merupakan sub unsur kebudayaan masyarakat yang juga sebagai interpretasi untuk menjaga kesehatan. Bagi masyarakat desa, sistem tersebut adalah langkah yang mesti dipelajari dan merupakan sebuah praktik pengobatan asli yang rasional jika dilihat dari kepercayaan yang berlaku mengenai hukum sebab-akibat.

Salah satunya adalah mengatasi penyakit tubercolosis (TBC). Untuk mengatasi penyakit yang orang zaman dulu menyebutnya 'batuk menahun' ini, orang kuno dulu mengambil air perasan jeruk nipis dicampur kecap, daun sirih 5 lembar; diseduh dengan air hangat setengah gelas; ditambah rebusan jahe atau gula merah, dan diminum dalam kondisi masih hangat.

Batuk TBC sendiri adalah batuk yang sampai mengeluarkan darah dengan gejala tenggorokan gatal, terkadang hidung tersumbat, dan kepala sakit.

Penyebab batuk TBC dikarenakan orang tersebut menderita penyakit TBC paru, menghisap debu dari tanah kering yang baru tertimpa hujan, alergi salah satu makanan, makanan basi, masuk angin, dan makan makanan yang digoreng dengan minyak yang tidak sehat.

Dalam melakukan pencegahan, biasanya orang tua dulu selalu menjaga badan agar tidak dalam kondisi kedinginan, menghindari makanan yang dapat merangsang tenggorokan atau menyebabkan alergi.

Menurut sebagian orang Jawa, sehat adalah keadaan yang seimbang antara fisik dan batin. Bahkan, semua itu berakar dari alam bawah sadar atau batin. Jika batin berkehendak, raga pun akan mengikuti.

Untuk menentukan sebab-sebab suatu penyakit ada dua konsep; konsep personalistik dan konsep naluralistik. Dalam konsep personalistik, penyakit disebabkan oleh makhluk supernatural (makhluk gaib, dan dewa), makhluk yang bukan manusia (hantu, roh leluhur, roh jahat ), dan manusia (tukang sihir). Penyakit ini disebut ora lumrah (tidak wajar).

Penyembuhannya adalah berdasarkan pengetahuan secara gaib atau supernatural, misalnya melakukan upacara dan sesaji. Sedangkan konsep naturalistik, penyebab penyakit bersifat alami dan memengaruhi kesehatan tubuh, misal karena cuaca, iklim, makanan racun, kuman atau kecelakaan.



Noer Ardiansjah