Kecantikan

Ini Cara Meraih Kuku yang Kuat dan Sehat Menurut Ahli

annehsannehs - Sabtu, 05 Februari 2022
Ini Cara Meraih Kuku yang Kuat dan Sehat Menurut Ahli
Konsumsi banyak protein. (Foto: pixabay/counselling)

TIDAK sedikit orang yang sengaja rutin melakukan nail art bukan karena menyukainya. Mereka hanya ingin menutupi kuku yang kusam, getas, dan tidak sehat. Meski begitu, seberapa keras kamu menutupi kukumu dengan perawatan, alangkah baiknya kamu mengintip pada gaya hidupmu dan mengetahui apa penyebab dari kuku yang tidak sehat dan getas.

Dikutip dari The Soothe, founder dari The Nail Social di Singapura, Cheryl Ou, mengatakan bahwa kunci menjaga kesehatan kuku sangat mudah dan sederhana, yakni dengan menghidrasinya. "Sama seperti kita harus minum agar tubuh kita sehat, sangatlah penting pula jika kita memberi asupan kuku dengan air yang cukup. Gunakan minyak yang skin-friendly ke dalam kutikula setiap hari untuk menjaga kelembapan dan membantu kulit tumbuh," ungkap Cheryl.

Berikan minyak untuk melembapkan kulit pada bagian cuticle atau kuitkula. (Foto Healthline)
Berikan minyak untuk melembapkan kulit pada bagian cuticle atau kutikula. (Foto: Healthline)

Selain perawatan dari luar, kamu juga butuh nutrisi dari dalam tubuh. Minum banyak air putih dan pastikan untuk mengonsumsi makanan yang kaya protein. Ini disebabkan karena kuku terbentuk dari sel-sel keratin mati yang dilepaskan oleh tubuh ketika sel-sel baru tumbuh di bawahnya. Cheryl juga merekomendasikan untuk mengonsumsi suplemen kesehatan seperti Biotin atau Zinc yang meningkatkan kesehatan kuku.

Baca juga:

Self-Care yang Sesuai dan Tepat Berdasarkan Zodiak (1)

Jika kuku sedang tidak sehat, coba lebih rajin melakukan perawatan ketimbang kecantikan kuku. Cheryl merekomendasikan menjaga kuku tetap berbentuk untuk mencegah sudut tajam, rajin melembapkan kutikula secara teratur dan jangan mengopek apalagi menggigit kuku.

Pilih kutek tanpa bahan kimia yang membahayakan kesehatan kuku. (foto pixabay/Bru-nO)
Pilih kutek tanpa bahan kimia yang membahayakan kesehatan kuku. (foto: pixabay/Bru-nO)

Cara lain dalam merawat kuku adalah dengan memperhatikan tanda-tanda kuku yang tidak sehat. "Tanda kuku tak sehat yang paling umum adalah perubahan warna yang bisa disebabkan karena terlalu lama membiarkan kutek pada kuku, tetapi bisa juga karena jamur," ungkapnya. Ia menyarankan agar tidak menggunakan kutek pada kuku selama lebih dari dua minggu.

Jika suka melakukan nail art, gunakan kutek yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan menimbulkan dampak negatif jangka panjang. Pilih kutek yang tertulis "8 Free" atau "10 Free" yang artinya produsen telah mengeliminasi delapan atau sepuluh dari bahan paling berbahaya pada kutek. (shn)

Baca juga:

Orang dengan Zodiak ini Enggak Betah 'Sendirian' - MerahPutih

#Kecantikan
Bagikan
Ditulis Oleh

annehs

Bagikan