Ini Cara Melakukan Shaving yang Benar agar tidak Iritasi Shaving terlihat mudah namun tidak (Pexels/stokpic)

AKTIVITAS yang satu ini wajib banget dilakukan pria. Rambut-rambut di sekitar wajah memang membuat kamu terlihat keren dan sangar. Tapi demi kerapian, kamu harus rajin bercukur alias shaving. Baik menggunakan mesin atau secara manual. Sehingga para wanita tidak akan risih melihat penampilan kamu.

Shaving sekilas terdengar mudah. Tapi jika dilakukan sembarangan kamu bisa mendapatkan dampak buruk bagi kulit. Salah cara dalam melakukan shaving kulit kamu bisa terkena iritasi, lebih parahnya lagi bisa menjadi infeksi.

Hal pertama yang harus kamu tahu ialah jadwal rutinitas shaving kamu. Sebenarnya setiap pria memiliki laju pertumbuhan rambut yang berbeda. Namun, menurut Dermatologist Dr. Eddy Karta, Sp. KK saat ditemui merahputih.com belum lama ini di Jakarta Pusat, idealnya pria melakukan shaving adalah 2-3 hari sekali.

Gunakan pelicin agar tidak iritasi (Foto: Pexels/Josh Sorenson)

Langkah melakukan shaving menurut Dr. Eddy sangat mudah. Yang terpenting kamu harus menggunakan pelicin atau sabun. Lebih baik lagi jika menggunakan foam khusus untuk shaving agar proses shaving tidak meninggalkan bekas pada kulit wajah. "Stepnya yang penting bersihkan dulu, lalu pakai pelicin ya, bisa pakai sabun," ujarnya.

Ritual shaving juga tidak sampai di situ saja. Segera sesudah mencukur rambut, oleskan pelembab di area wajah yang terkena shaving agar kulit tidak mengalami iritasi. Untuk pelembab kulit sudah banyak dijual di pasaran. Intinya kamu harus menyiapkan beberapa produk untuk shaving, jangan remehkan.

Kurangi iritasi dengan minyak zaitun (Foto: Pexels/Pixabay)

Dampak dari kesalahan shaving ialah kulit akan mengalami infeksi dan diikuti dengan bekas seperti jerawat. Inilah yang sering membuat pria salah sangka. Bekas shaving tersebut sering ditekan layaknya sebuah jerawat agar cepat hilang. Alih-alih kulit menjadi mulus, infeksi malah semakin bertambah parah. "Shaving itu bedanya bukan jadi jerawat tapi infeksi. Cuma orang suka salah dikira setelah shaving jadi jerawat lalu dipencet, padahal bisa meradang," imbuhnya.

Kabar baiknya, kamu tidak perlu minder jika kulit kamu mengalami iritasi. Normalnya dalam waktu 2-3 hari perlahan iritasi akan menghilang. Namun, jika ingin menambahkan obat, kamu bisa menggunakan cara tradisional dengan mengoleskan minyak zaitun atau kelapa saat mengalami iritasi. "Pemakaian minyak zaitun atau minyak kelapa baik untuk mengurangi iritasi," pungkasnya.

Nah, sahabat Merah Putih, jangan salah cara ya kalau mau shaving. Yang ada penampilan kamu nanti enggak keren deh. (ikh)

Baca juga: Saat Melancong ke Luar Negeri, Tinggalkan Pelembap Buatan Dalam Negeri

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH