Melancong Bikin Panjang Umur, ini Bukti Ilmiahnya Melancong sama saja memiliki pola hidup sehat (Foto: Pixabay/rawpixel)

SIAPA sih yang tidak mau hidup panjang umur? Apalagi disertai dengan tubuh yang sehat. Tentu menjadi impian setiap orang. Kamu bisa menikmati seluruh isi hidup kamu tanpa beban dan tanpa masalah kalau begitu.

Banyak yang bisa kamu lakukan supaya bisa panjang umur. Yang terpenting ialah menjalani pola hidup sehat. Dari berolahraga hingga mengonsumsi makanan bernutrisi seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Tapi selain itu kamu juga butuh melancong alias liburan.

Mengutip laman Travel+Leisure, melancong bikin kamu panjang umur. Dampaknya sama persis dengan pola hidup sehat yang harus kamu jalani tadi. Tidak percaya? Kamu wajib percaya karena ada bukti ilmiahnya. Bahkan selama 40 tahun sebuah studi dilakukan demi membuktikan hal tersebut.

Melancong mengurangi risiko terkena penyakit (Foto: Pixabay/freephotos)

Penelitian dilakukan Universitas Helsinki, Finlandia dengan melibatkan 1.200 pebisnis pria dengan kisaran usia 40-55 tahun pada 1974 dan 1975. Setiap partsipan memiliki risiko penyakit kardiovaskular dengan berbagai gejala, termasuk tekanan darah tingi, kolestrol tinggi, hingga kelebihan berat badan.

Para partisipan dibagi ke dua kelompok. Kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Pada kelompok intervensi, mereka diberi perintah untuk berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat. Mereka juga diperintahkan untuk berhenti merokok dan mengonsumsi obat penurun tekanan darah.

Sebaliknya, kelompok kontrol tidak terlalu diberikan perintah apa pun. Mereka hanya diberikan perawatan kesehatan standar oleh para peneliti.

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH