Ini Biaya yang Dikeluarkan MotoGP Selama Satu Musim

Soffi Amira PutriSoffi Amira Putri - Jumat, 01 April 2022
Ini Biaya yang Dikeluarkan MotoGP Selama Satu Musim
MotoGP Mandalika 2022. Foto: MotoGP

MerahPutih.com - Sudah menjadi rahasia umum, jika ajang balap motor kelas atas seperti MotoGP harus mengeluarkan biaya yang sangat fantastis.

Berbagai jenis motor di MotoGP juga memiliki biaya yang mahal karena adanya perangkat aerodinamis, elektronik, dan mesin yang melalui tes para insinyur dan memiliki standar Federasi Balap Motor Internasional (FIM). Lalu, berapa biaya yang dikeluarkan untuk MotoGP? Dilansir KabarOto.com, berikut ulasannya.

Baca juga:

Yamaha Siapkan Duet Baru di MotoGP 2023

1. Biaya Mesin

Monster Yamaha Energy
Monster Yamaha Energy. Foto: MotoGP

Untuk biaya mesin, mulai dari tim satelit biasanya mampu mengeluarkan antara EUR200.000 atau setara Rp 3,1 miliar hingga EUR250.000 atau setara Rp 3,9 miliar per musim. Jika mengambil paket motor lengkap mampu menelan biaya hingga EUR2.000.000 atau setara Rp 31 miliar.

2. Tim Pabrikan

Tim Repsol Honda
Tim Repsol Honda. Foto: MotoGP

Sementara itu, untuk tim pabrikan dengan paket lengkap motor membutuhkan biaya sebesar EUR3.000.000 atau setara Rp 47 miliar. Selain mesin, paket elektronik termasuk mahal, yaitu EUR100.000 atau setara Rp 1,5 miliar. Paket itu termasuk sensor, kabel, dan panel insturmen.

Baca juga:

Kemenkeu akan Lelang Barang Pemberian Pembalap MotoGP Mandalika

3. Performa Motor

Alex Marquez
Alex Marquez. Foto: MotoGP

Motor dengan performa tinggi tentunya membutuhkan pengereman yang mumpuni. Untuk paket pengereman dibanderol sekitar EUR70.000 atau setara Rp 1,1 miliar. Paket ini sudah termasuk tiga pasang kaliper, tiga piston rem, 10 cakram karbon, dan 28 kampas rem. Jika sebuah tim membutuhkan lebih banyak untuk menyelesaikan satu musim maka pihak tim harus membelinya secara terpisah.

4. Kecelakaan

Fabio Quartaro saat terjatuh di MotoGP Algarve
Fabio Quartaro saat terjatuh di MotoGP Algarve. Foto: MotoGP

Balapan dengan kuda besi bertenaga buas, tentu tidak lepas dengan kecelakaan. Jika pembalap mengalami kecelakaan, ada biaya untuk membayar saat terjatuh di gravel selama beberapa meter biasanya memerlukan biaya antara EUR15.000 atau setara Rp 236 juta hingga Rp 319 jutaan. Namun, untuk membiayai perangkat motor yang rusak biasanya pihak tim perlu mengucurkan dana hingga EUR100.000 atau setara Rp 1,5 miliar.

Selain biaya motor, ada biaya perjalan untuk setiap anggota tim MotoGP setiap balapan. Biasanya, pengeluaran tim mencapai EUR700.000 atau setara Rp 11 miliar.

Biaya tersebut terdiri dari 30 orang dalam satu musim yang terdiri dari 19 balapan. Lalu, untuk biaya hotel biasanya pihak tim mempersiapkan dana sekitar EUR600.000 atau setara Rp 9,5 miliar.

Baca juga:

Setelah Pensiun, Valentino Rossi Mulai Menikmati Kehidupan Barunya

#Otomotif #MotoGP
Bagikan
Bagikan