Ini Bedanya Sepatu Fitness dengan Casual Sneakers Sepatu fitness. (Foto: Pixabay/stevepb)

PILIH sepatu olahraga enggak boleh sembarangan. Hal itu karena pemilihan sepatu bisa jadi faktor penentu keseriusan kamu dalam berolahraga.

Apalagi buat para fitness newbie? Sepatu yang bagus akan membawa kamu pada body goal impian.

Perbedaan Sepatu Fitness dan Casual Sneakers

Fitness. (Foto: Pixabay/5132824)

Sebenarnya apa sih yang membedakan sepatu fitness dengan sepatu biasa? Berikut Merahputih.com berikan pemaparannya seperti dilansir iStyle.

Perbedaannya terletak pada struktur sepatu. Sepatu fitness memiliki struktur bantalan yang tinggi, sehingga mampu menopang tubuh saat menjalani berbagai jenis latihan.

Sepatu fitness akan terasa nyaman buat latihan beban, treadmill, kelas olahraga, weight training, dan sebagainya.

Jangan coba-coba workout pakai sneakers kasual. Kenapa? Karena sneakers kasual tidak punya fitur khusus yang membuat kaki tetap seimbang saat melakukan berbagai gerakan.

Kalau sepatu fitness pasti disusun dengan grip kuat sehingga mampu meningkatkan performa latihan. Seiring tren olahraga yang makin populer, para produsen sepatu fitness pun menciptakan berbagai produk untuk setiap jenis latihan.

Apakah Boleh Memakai Sepatu Lari untuk Fitness?

Olahraga lari. (Foto: Pixabay/RyanMcGuire)

Mungkin ada banyak orang yang menggunakan sepatu lari sebagai sepatu fitness. Padahal kalau dilihat lagi lebih jauh, sepatu lari hanya dikhususkan untuk gerakan vertikal saat berlari dan tidak terlalu kuat untuk gerakan lateral/menyamping yang biasa kamu lakukan saat work out di gym.

Hal tersebut di atas jelas akan sangat berpengaruh pada stabilitas, performa, dan keamanan saat latihan-latihan dengan banyak gerakan misalnya kelas body combat, power training, TRX atau yang lainnya.

Yang jelas, sepatu fitness masa kini tidak hanya dikenakan saat di gym saja tetapi juga bisa untuk menunjang penampilan. Selain menawarkan kenyamanan, sepatu fitness bersifat dinamis karena bisa dipadu-padankan dengan berbagai model outfit. Sepatu ini cocok buat kamu yang lagi males pakai sepatu hak tinggi atau high heels.

Jaman sekarang, sah-sah saja memadukan sepatu fitness dengan berbagai look. Mulai dari yang kasual santai, street style, atau bahkan dress feminin sekalipun. (*)


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH