Ini Bahayanya Kalau Kamu Sering Marah-Marah Apa yang akan terjadi kepada tubuh kamu ketika kamu marah-marah. (Foto: Pixabay/Publidomainpictures)

APA yang akan terjadi kepada tubuh kamu ketika kamu marah-marah, menjerit, berteriak bahkan mencoba meluapkan segala emosi? Biasanya ketika kamu sedang mengalami semua itu yang terjadi adalah otot-otot akan menjadi tegang, sistem pencernaan terganggu, dan yang paling mengerikan adalah terjadi perubahan bahan kimia pada otak.


Perubahan-perubahan tersebut hanya berunjung pada racun dalam tubuh dan mengganggu kesehatan kamu dalam jangan waktu yang panjang. Tidak mau kan hal tersebut terjadi pada tubuh kamu? Nah, berikut ini adalah 6 hal negatif yang akan terjadi dari kemarahan.


Sakit kepala

sakit kepala
Marah-marah akan membuat kamu sering merasakan sakit kepala. (Foto: Pixabay/lukasbieri)

Tidak perlu bingung jika tiba-tiba sakit kepala muncul saat kamu sedang marah-marah. Ini disebabkan otot yang tegang dan juga adanya perubahan bahan kimia di otak saat marah bisa menjadi pemicu sakit kepala.


Rasa cemas

cemas
Rasa cemas dan gelisah dikarena kamu sedang mengalami kemarahan. (Foto: Pixabay/xusenru)

Rasa cemas maupun gelisah yang kamu rasain merupakan efek samping yang paling umum terjadi saat kamu sedang marah. Tingginya kadar kortisol dalam tubuh kamu saat marah akan membuat kamu mudah merasakan cemas.

Depresi

depresi
Berisiko mengalami depresi. (Foto: Pixabay/anemone)


Sebuah penelitian mengatakan bahwa orang-orang yang sering marah dalam jangka waktu panjang akan berisiko mengalami yang namanya depresi. Untuk itu, kamu harus bisa mengendalikan emosi dengan baik ya di saat kamu marah.


Sulit tidur

tidur
Sulit tidur akibat sering marah. (Foto: medscape.com)

Menjadi sulit tidur sering kali terjadi kepada orang yang sedang mengalami kemarahan. Di saat marah, tingkat produksi hormon tubuh akan mengalami perubahan dan membuat sulit tidur.

Serangan jantung

serangan jantung
Marah-marah beresiko terkena serangan jantung. (Foto: Pixabay/Pexels)


Berdasarkan penelitian terbaru orang yang marah secara intens akan memiliki tingkat risiko serangan jantung hingga 8,5 kali.

Pecernaan

pencernaan
Pencernaan tidak lancar. (Foto: httpvkool.com)

Ternyata efek dari kemarahaan bisa menggangu sistem pencernaan kamu lho. Mengapa bisa? Karena, Hal ini disebabkan oleh sistem tubuh yang akan berhenti seketika saat sedang marah. (gsl)


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH