Ini Angka Prediksi Kemiskinan Setelah Pandemi COVID-19

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 07 Mei 2020
Ini Angka Prediksi Kemiskinan Setelah Pandemi COVID-19
Warga mengamati permukiman di bantaran sungai Ciliwung, Manggarai, Jakarta, Rabu (15/4/2020). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj.

MerahPutih.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memprediksikan jumlah penduduk miskin di Indonesia semakin naik akibat wabah virus corona (COVID-19), di mana dalam periode Maret - Mei 2020 telah terjadi lonjakan pada angka kemiskinan.

“Bayangkan COVID-19 yang terjadi beberapa bulan, semua pencapaian penurunan kemiskinan dari 2011 sampai 2020 ini mengalami reverse,” katanya dalam raker bersama Komisi XI DPR RI di Jakarta, Rabu (6/5), dikutip Antara.

Baca Juga:

DPRD Minta Pemprov DKI Tampung Data RT/RW Perbaiki Penyaluran Sembako

Sri Mulyani menyebutkan potensi pertambahan angka kemiskinan di Indonesia salah satunya dilatarbelakangi oleh adanya jumlah pengangguran karena pemutusan hubungan kerja (PHK) semakin meningkat.

Ia menyatakan berdasarkan data dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) angka pengangguran telah melonjak lebih dari 2 juta orang dalam 1,5 bulan sejak pandemi COVID-19 muncul di Indonesia.

Menteri Keuangan Sri Mulyani. ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A.
Menteri Keuangan Sri Mulyani. ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A.

Oleh sebab itu, Sri Mulyani mengatakan bantuan sosial akan menjadi salah satu upaya untuk dapat menjaga agar angka kemiskinan tidak semakin melonjak akibat pandemi COVID-19.

“Belanja bansos jadi salah satu upaya untuk menjaga agar kemiskinan tidak semakin melonjak akibat COVID-19 yang menimbulkan PHK dan penurunan kegiatan ekonomi termasuk informal dan UMKM,” katanya.

Baca Juga:

Jubir Pemerintah Tegaskan PSBB Bukan untuk Atur Gerak-gerik Warga

Tak hanya itu, pemerintah juga telah memberikan insentif khusus bagi perusahaan sehingga diharapkan perusahaan dapat tetap memiliki modal usaha tanpa harus melakukan PHK.

"Kita juga fokus pada Kartu Prakerja yang diharapkan bisa cover 5,6 juta orang yang bentuknya setengah bansos. Kami tingkatkan bersama Kemnaker terkait langkah-langkah untuk tangani lonjakan pengangguran,” ujarnya. (Knu)

Baca Juga:

Menhub Bakal Longgarkan Transportasi Massal, KRL Ikut PSBB

#Virus Corona #COVID-19 #Sri Mulyani
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan