Ini Alasan Mengapa Mayoritas Pesawat Berwarna Putih

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Jumat, 01 November 2019
Ini Alasan Mengapa Mayoritas Pesawat Berwarna Putih
Mayoritas pesawat menggunakan warna putih. (Foto: slate)

KAMU mungkin sering melihat pesawat yang sedang melintas di langit atau melihatnya parkir di bandara. Jika diperhatikan, hampir semua pesawat yang kamu lihat berwarna putih, bukan warna lain. Meskipun beberapa maskapai menambahkan dekorasi seperti garis-garis dengan berbagai warna tambahan. Walaupun terdapat warna lain, tetap saja warna putih yang menjadi dominan. Pernahkah kamu berandai tentang hal ini?

Ternyata penggunaan warna putih pada pesawat ada alasannya lho. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut lima alasan mengapa kebanyakan pesawat berwarna putih. Yuk simak!

Baca juga:

Jangan Pakai 'High Heels' dan Lensa Kontak di Pesawat

1. Lebih mudah terlihat jika badan pesawat bermasalah

Ini Alasan Mengapa Mayoritas Pesawat Berwarna Putih
Agar gangguan pada pesawat lebih mudah terlihat. (Foto: Sports Illustrated)

Alasan pertama mengapa mayoritas pesawat berwarna putih adalah untuk mengetahui dengan mudah bahwa pesawat tengah mengalami gangguan, seperti retak, penyok, kotor, lecet, korosi, atau celah di atas pesawat.

Dengan warna putih, semua masalah tersebut bisa terlihat dengan jelas. Masalah yang terjadi pada pesawat sebaiknya segera dicari dan diatasi agar bisa terbang dengan baik. Warna putih pada pesawat juga berfungsi agar lebih mudah dideteksi saat terjadi kecelakaan.

2. Warna putih dapat merefleksikan panas

Ini Alasan Mengapa Mayoritas Pesawat Berwarna Putih
Mencegah suhu meningkat di dalam pesawat. (Foto: rd)

Bayangkan jika kamu menggunakan kaos hitam ketika matahari sedang terik. Pasti panas bukan? Sama halnya dengan pesawat. Warna putih dianggap sebagai warna yang paling sedikit menyerap panas.

Selain itu, warna putih juga bisa membuat badan pesawat terhindari dari panas ketika mendarat. Energi panas akan kembali memantul sehingga tidak ada peningkatan suhu di dalam pesawat.

Baca juga:

Tips Anti 'Norak' Saat Pertama Kali Naik Pesawat Terbang

3. Tidak cepat pudar

Ini Alasan Mengapa Mayoritas Pesawat Berwarna Putih
Warna putih pada pesawat tidak akan cepat pudar. (Foto: Pixabay/bottlein)

Ketika sedang terbang tinggi di langit, pesawat akan terkena berbagai kondisi atmosfer dan reaksi oksidasi yang menyebabkan warna bisa memudar. Bayangkan jika pesawat menggunakan warna lain seperti hijau, kuning, oranye, hitam, dan warna lainnya.

Hal ini menjadi salah satu alasan kuat mengapa para maskapai memilih warna putih. Sebab, untuk mengecat pesawat dengan warna lain membutuhkan biaya yang besar. Jadi, mengapa harus repot-repot untuk mengecat pesawat?

4. Nilai jual

Ini Alasan Mengapa Mayoritas Pesawat Berwarna Putih
Jika dijual, pesawat berwarna putih akan memiliki nilai yang lebih tinggi. (Foto: Pixabay/pixel2013)

Pesawat yang sudah dicat atau ditambahkan warna lain akan memiliki harga jual yang rendah ketika dijual kembali. Kebanyakan mereka yang membeli pesawat akan mengecatnya kembali menjadi warna putih.

Ini akan membuat si pembeli menjadi ribet dan meluangkan waktu lebih. Oleh karenanya, pesawat yang menggunakan warna putih akan memiliki nilai jual lebih tinggi ketika dijual lagi.

5. Menghindari tabrakan dengan burung

Ini Alasan Mengapa Mayoritas Pesawat Berwarna Putih
Warna putih pada pesawat lebih mudah dideteksi oleh kawanan burung. (Foto: Travel and Leisure)

Dilansir dari laman Telegraph, kawanan burung akan lebih mudah mendeteksi pesawat yang berwarna putih sehingga mencegah terjadinya tabrakan. Mungkin terdengar sepele. Namun jika burung dan pesawat tabrakan, akan berakibat pada keselamatan penumpang. (And)

Baca juga:

R80, Warisan Terakhir BJ Habibie untuk Indonesia

#Pesawat
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan