Ini Alasan Kenapa Orang Lapar Gampang Marah ilustrasi (pixabay.com)

"Elo rese kalau lagi laper" kalimat yang identik sama salah satu produk makanan ini sudah sangat melekat di telinga masyarakat Indonesia. Meski demikian, ternyata apa yang disebutkan dalam iklan tersebut adalah sebuah fakta. Orang yang sedang lapar biasanya memiliki emosi yang tak terkendali.

Di kutip dari Huffington Post, seorang profesor psikologi di Reed College, Amerika, Paul Currie mengatakan rasa lapar bisa membuat seseorang menjadi stres atau gelisah. Hal ini lantaran sistem tubuh manusia saling terhubung antara organ satu dengan yang lain.

"Hal ini masuk akal karena sistem tubuh terhubung satu dengan yang lain: reseptor yang sama, struktur anatomi yang sama juga," kata Currie.

Selain itu rasa emosional yang tidak terkendali juga bisa memicu seseorang untuk mencari makan dan kebutuhan nutrisi. "Perilaku ini tidak muncul secara isolasi. Saat kita sedang lapar maka emosi tersebut akan mendorong untuk mencari makanan untuk diri kita" lanjutnya.

Selain itu, sebuah penelitian terbaru juga menyebutkan terdapat hormon bernama seretonin yang memiliki peran penting terhadap rasa marah saat lapar. Hormon ini bisa mempengaruhi otak saat lapar dan memicu emosi tak terkendali.

Selain artikel ini Anda juga bisa baca Ingin Berhenti Merokok? Ini Caranya



Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH