Ini Alasan DKI Jakarta Gelar Operasi Pasar Jelang Iduladha Ilustrasi pasar murah. (ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho)

MerahPutih.com - Sekda DKI Jakarta Saefullah berharap operasi pasar jelang Iduladha yang digelar bersama Polda Metro Jaya, Bulog DKI Jakarta, dan Kementrian Perdagangan dapat berjalan sukses seperti operasi pasar Idulfitri beberapa waktu lalu.

Saefullah mengakui, saat ini secara umum kondisi kebutuhan pokok tidak bergejolak naik. Sama halnya seperti sebelum perayaan Idulfitri.

"Cuma tetap saja harus dilakukan operasi untuk menekan kepentingan yang berlebihan daripada pihak-pihak tertentu," kata Saefullah di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (21/8).

Pemprov DKI Jakarta sendiri siap berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk menjaga stabilitas harga komoditi pangan jelang Iduladha, termasuk dengan pihak Polda Metro Jaya jika ada temuan tindak pidana dalam hal perdagangan.

Sementara itu, Dirjen Perdagangan Kementrian Perdagangan Tjahya Widayanti mengaku bahwa hingga saat ini belum ada lonjakan harga bahan pangan. "Memang ada pergerakan sedikit-sedikit, cuma masih stabil," kata Tjahya.

Operasi pangan ini akan menyasar langsung ke konsumen. Tujuannya, agar masyarakat mendapatkan barang kebutuhan pokok khususnya pangan lebih mudah. Nantinya, operasi pasar ini akan digelar di Polres-polres di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

"Ini merupakan kemampuan konsumen untuk mendapatkan barang-barang yang lebih mudah, Ada minyak, beras, gula daging dan lain-lain," papar Tjahya.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Idham Azis menyatakan, jajarannya siap melaksanakan operasi pasar yang akan digelar mulai hari ini hingga 27 Agustus mendatang.

"Kami menyiapkan anggota ataupun perlengkapan untuk operasi pasar. Saya berharap dan terima kasih kepada Bulog dan pemerintah karena bisa memberikan kontribusi yang nyata," kata Idham. (Ayp)

Baca berita terkait operasi pasar lainnya di: Operasi Pasar Jelang Iduladha Sasar Perumahan Padat Penduduk


Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH