Ini Alasan Demokrat Minta Anies Segera Umumkan Nama Cawapresnya

Mula AkmalMula Akmal - Rabu, 21 Juni 2023
Ini Alasan Demokrat Minta Anies Segera Umumkan Nama Cawapresnya
Anggota Komisi VI DPR RI Herman Khaeron. Foto: Dok/Man

MerahPutih.com-Bakal Cawapres Anies Baswedan di Pemilu 2024 dikabarkan sudah mengerucut ke satu nama. Nantinya, sosok tersebut bakal diumumkan langsung oleh mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Kepala Badan Pembinaan Organisasi, Keanggotaan, dan Kaderisasi (BPOKK) DPP Partai Demokrat, Herman Khaeron tak mau berandai-andai jika pendamping Anies bukanlah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Demokrat dikenal menjadi salah satu partai yang mendukung Anies bersama PKS dan Nasdem.

Baca Juga:

Demokrat Gelar Konsolidasi Usai Anies Kantongi Nama Cawapresnya

"Kita tunggu saja nanti sampai Mas Anies mengumumkannya," ujar Herman kepada wartawan di Jakarta, Rabu (21/6).

Menurut dia, Partai Demokrat sudah menyerahkan keputusan terkait cawapres Koalisi Perubahan untuk Persatuan kepada Anies.

Hal tersebut merupakan amanat piagam deklarasi antara Partai Demokrat, Partai Nasdem, dan PKS yang juga ditandatangani oleh AHY.

Adapun terkait pengumuman cawapres, ada dua kemungkinannya, yakni sebelum atau sesudah Anies melaksanakan ibadah haji.

"Ya bisa sebelum berangkat haji atau setelah pulang dari naik haji, dua kemungkinan itu," ujar Herman.

Herman menyebut alasan partainya mengusulkan nama pendamping Anies segera diumumkan karena semata-mata terkait persiapan pemenangan Pilpres 2024.

"Agar bisa merumuskan visi misi dan program kerja dan program kampanye apa yang bisa untuk menuju pemenangan pemilihan presiden 2024," lanjut dia.

Baca Juga:

Demokrat Minta Pengesahan RUU Kesehatan Ditunda

Anies sebelumnya mengadakan pertemuan dengan Tim 8. Dalam pertemuan itu, Tim 8 tak lagi membahas perihal cawapres lantaran hal itu telah rampung dilakukan.

Juru bicara Anies Baswedan, Sudirman Said, mengatakan pertemuan terjadi di Sekretariat KPP kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (20/6).

Hadir dalam acara tersebut, Sugeng Suparwoto hingga Willy Aditya mewakili NasDem, Sekjen Demokrat Teuku Riefky Harsya hingga Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Sohibul Iman.

Sudirman menjelaskan dalam pertemuan Selasa sore hingga malam kemarin, Anies menugaskan agar Tim 8 mulai mempersiapkan langkah konkret ke depan. Mereka juga membicarakan opsi waktu pendeklarasian capres dan cawapres. (Knu)

Baca Juga:

Anggaran Kesehatan Dihapus, Demokrat Tolak Rencana Pengesahan RUU Kesehatan

#Partai Demokrat #Anies Baswedan #Herman Khaeron #Capres 2024
Bagikan
Bagikan