Ini Alasan Berbuka Puasa dengan yang Manis Berbukalah dengan yang manis, seperti buah-buahan (Foto: Pixabay)

Pasti sebagian dari Sahabat MerahPutih tidak asing dengan kata "Berbukalah dengan yang Manis". Tak bisa dimungkiri, memasuki Bulan Suci Ramadan pasti banyak sekali sajian manis untuk berbuka puasa, seperti kolak, es buah sirup, teh manis, dan masih banyak menu lainnya.

Lalu, kira-kira Anda tahu tidak, mengapa Anda harus berbuka puasa dengan yang manis-manis? Berikut ini alasannya.

Menurut dr. Inge Permadhi, MS, SpGK, Koordinator Pelayanan Masyarakat Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, selama berpuasa tubuh tidak akan mendapatkan asupan cairan dan sari makanan. Hal itu tentunya akan membuat kadar gula di dalam tubuh Anda otomatis menurun.

Jika kadar gula menurun, maka tubuh Anda akan kekurangan energi yang menyebabkan kondisi Anda menjadi lemas, terutama menjelang waktu berbuka puasa. Sumber energi untuk tubuh ialah karbohidrat, didapat dari makanan yang mengandung gula, dan nantinya tubuh akan memproduksi insulin tersebut menjadi energi.

Untuk menormalkan kembali jumlah kandungan gula dalam tubuh, tentunya Anda wajib mengonsumsi makanan yang manis-manis. Namun bukan sekadar makanan manis dengan pemanis buatan, melainkan Anda bisa mengonsumsi buah untuk berbuka puasa.

Salah satu contoh makanan yang dianjurkan saat berbuka puasa adalah buah kurma, karena kurma diyakini memiliki kandungan gula yang pas dan baik untuk kesehatan Anda. Selain kurma, masih banyak buah lainnya yang bisa Anda konsumsi seperti pepaya dan pisang, karena dua jenis buah tersebut memiliki tekstur yang lembut sehingga nantinya akan mudah dicerna oleh usus Anda.

Nah, sekarang Sahabat MerahPutih sudah tahu kan mengapa harus berbuka puasa dengan yang manis-manis? Meski harus berbuka dengan menu yang manis, Anda tetap wajib mengontrol setiap asupan makanan manis Anda, ya! Jangan sampai Anda mengonsumsi hidangan manis berlebihan. Karena, terlalu banyak mengonsumsi gula juga nantinya akan dapat menimbulkan efek yang kurang baik pada tubuh Anda.

Lihat juga informasi kesehatan lainnya di sini: Manfaat Konsumsi Kurma Untuk Kesehatan.



Selvi Purwanti

LAINNYA DARI MERAH PUTIH