Ini Alasan Anjing Suka Dielus Perutnya

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Rabu, 29 Juni 2022
Ini Alasan Anjing Suka Dielus Perutnya
Anjing sedang dielus manusia. (unsplash.com)

HAL paling menyenangkan dari memelihara anjing adalah ketika melihat anjing berlari mendatangi anda. Lalu mereka membalikkan badan di depan anda dan memperlihatkan perutnya yang menggemaskan. Siapa tak tergoda untuk segera mengelusnya? Eluslah perutnya. Sejurus kemudian, anjing anda terlihat kesenangan dengan menjulurkan lidah atau menggoyangkan ekornya.

Mengapa anjing suka sekali dielus perutnya?

Merasa Nyaman

Laman puppyleaks.com menyediakan jawaban sederhana. Anjing suka dielus karena mereka merasa nyaman. Elusan juga memicu reaksi khusus di otak mereka sebagai respons yang diberikan oleh folikel rambut. Respons ini sampai di otak dan menguarkan rasa rileks pada anjing.

Baca juga:

Jenis Anjing Ras ini Punya Rata-Rata Usia Paling Panjang

Anjing lucu sedang berlari. (unsplash.com)
Anjing lucu berlari. (unsplash.com)

Biasanya anjing sangat suka dielus pada pagi hari. Ini berkaitan dengan tingginya kadar serotonin, zat kimia yang bertugas mengantarkan pesan antar sel saraf pada otak, di tubuh anjing pada pagi hari.

Ahli percaya bahwa elusan anda berkaitan tentang bagaimana anjing melakukan social grooming atau perawatan sosial. Pada hewan mamalia bertangan seperti kera, perawatan sosial lazimnya dilakukan oleh hewan sejenis. Mereka akan saling menggaruk punggung masing-masing. Dari situlah perasaan nyaman diperoleh.

Sementara pada anjing, bagian yang menimbulkan sensasi nyaman terletak pada perut. Namun, mereka tak punya tangan. Ingin mengelus dengan kaki pun sulit. Karena itu, mereka membutuhkan pihak lain untuk membantunya.

Anjing memang seringkali mengguling-gulingkan tubuhnya di karpet atau rumput untuk memperoleh sensasi seperti dielus. Tapi sensasi menggaruk-garukkan tubuh ke karpet atau rumput tetap tak bisa mengalahkan sensasi dielus tangan manusia.

Baca juga:

Alasan Anjing Dapat Membantumu Hidup Lebih Lama

Anjing menunggu dielus. (unsplash.com)
Anjing menunggu dielus. (unsplash.com)

Tanda Kepercayaan

Thesprucepet.com menguraikan bahwa ketika anjing berbalik dan menunjukkan perutnya untuk dielus, itu bentuk perilaku submisif atau kepatuhan pada pemiliknya. Beberapa ahli berpendapat perilaku tersebut lebih dari sekadar kepatuhan, tapi juga tanda kepercayaan. Anjing ingin menunjukkan bahwa mereka bukan ancaman.

Perut anjing adalah bagian paling rentan. Maka ketika menyerahkan perutnya pada anda untuk dielus, ia sangat percaya bahwa anda akan memperlakukan perutnya dengan baik. Biasanya anjing akan menunjukkan tanda-tanda tertentu sebelum dia menginginkan perutnya dielus, seperti menjulurkan lidah, menatap mata anda, dan menggerak-gerakan ekornya.

Menolak Dielus

Sebagian besar anjing suka dielus, namun segelintir kecil dapat merasa kurang nyaman dengan tindakan tersebut. Situasi ini terjadi ketika anjing sedang tidak mood. Bisa jadi karena kadar serotoninnya memang sedang berkurang. Tapi para ahli sepakat bahwa ini bukan masalah besar. Tak ada yang salah dalam sistem saraf anjing.

Anda tak perlu memaksa anjing untuk selalu nyaman dielus. Anjing akan menunjukkan tanda tertentu ketika sedang tak ingin dielus. Misalnya memalingkan kepala, mundur, atau mengerutkan alis. Jika anjing menolak dielus, anda tak perlu khawatir. Tunggulah sampai esok pagi ketika kadar serotonin anjing penuh.

Baca juga: Beberapa Perilaku Manusia yang Dibenci Anjing Peliharaan

#Anjing #Anjing Peliharaan #Hewan Lucu
Bagikan
Bagikan