Ini Akibat Mobil Didiamkan Terlalu Lama di Garasi Jangan parkir mobil terlalu lama (Foto: Unsplash/Oli Woodman)

JANGAN biarkan mobil dibiarkan nganggur terlalu lama di garasi. Memang, selama PSBB sebaiknya kamu berdiam di rumah. Tapi setidaknya gunakan mobil kamu beberapa kali dalam seminggu. Minimal dibawa untuk keliling komplek. Kenapa harus begitu?

Terlalu lama memarkir mobil di garasi akan membuat ban mobil kempis. Sebagian pencinta otomotif memang tidak mempercayai hal ini, mereka menganggapnya mitos. Namun, seperti dilansir dari KABAROTO, PT MMKSI mengungkap alasan ban mobil bisa kempis jika diparkir terlalu lama.

Baca juga:

Belajar Mengendarai Motor Saat WFH, Pakai yang Manual

Menurut PT MMKSI, ban mobil jadi kempis karena lama tak digunakan ialah hal wajar. Alasannya karena terjadi penurunan suhu yang selalu berubah antara suhu udara, tanah, dan tekanan angin ban. Pada malam hari akan terjadi penurunan suhu di dalam ban. Penurunan suhu ini akan membuat tekanan ban ikut turun. Tekanan angin akan perlahan berkurang, ujung-ujungnya ban kempis.

Ban mobil bisa kempis kalau dibiarkan nganggur terlalu lama (Foto: Unsplash/John Paulsen)

Lalu kenapa kalau mobil digunakan tekanan angin ban tetap stabil? Itu dikarenakan suhu panas di siang hari. Suhu panas akan membuat tekanan angin ban meningkat. Jadi makin sering mobil digunakan, tekanan angin akan relatif stabil.

Baca juga:

WFH Bikin Sepeda Motor Nganggur? Rawat dengan Cara Ini

Selain itu, PT MMKSI juga memberikan saran bagi kamu yang menggunakan mobil manual. Jika memang ingin lama diparkir, sebaiknya masukkan gigi satu selain menarik rem tangan. Cara ini untuk jaga-jaga apabila rem tangan kehilangan fungsi, mobil kamu tetap dalam keadaan diam. Mengaktifkan rem parkir dalam kurun waktu lama akan mengakibatkan kampas rem lengket dengan piringan rem.

Suhu dingin di malam hari membuat tekanan angin ban berkurang (Foto: Unsplash/Tim Meyer|@timm.jpg)

Nah untuk kamu yang menggunakan mobil matik, posisikan tuas P saat diparkir. Hal ini untuk menghindari risiko mobil melompat dengan sendirinya saat dinyalakan. Tetap cerdas saat memarkir mobil ya sobat Merah Putih. (ikh)

Baca juga:

Mobil Listrik Tetap Awet Selama WFH, Begini Kiatnya!

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH