Ini Acara Seni Terdekat di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja Padepokan Seni Bagong kawasan Bantul, Yogyakarta siap selenggarakan beberapa acara seni beberapa waktu ke depan (Foto: MP/Fredy Wansyah)

MerahPutih Budaya - Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) selalu aktif dalam gelaran seni budaya. Selain mengadakan workshop kesenian dan apresiasi seni, tahun ini PSBK juga disibukkan dengan kegiatan beasiswa bagi seniman melalui Program Seniman Pasca Terampil.

Dalam waktu dekat, PSBK juga akan mengadakan kegiatan-kegiatan seni budaya. Hal ini disampaikan tiga kurator dari Tim Kurasi PSBK saat ditemui merahputih.com di komplek PSBK, Tirtomartani, Bantul, DI Yogyakarta, Kamis (3/3).

"19 Maret nanti ada Jagongan Wagen. Ini kegiatan rutin kita setiap bulan. Apri ada beberapa kegiatan, seperti pentas berbasis seni dan talirasa nusantara. Bulan depannya (Mei) ada presentasi dari ruang seni rupa, tanggal 20 Mei," kata Tita Dian Wulansari, Kurasi PSBK.

Padepokan Seni Bagong di Bantul, Yogyakarta (Foto: MP/Fredy Wansyah)

Lebih lanjut, kurator lainnya, Wisnu Yudha, menyampaikan, bahwa sehari-hari PSBK memiliki aktivitas rutin terkait seni budaya. Setiap seniman yang ada di PSBK selalu berbagai perihal pengatahuan dan wacana seni budaya. "Tadi barusan aja kita kumpul, bersama seniman program seniman pasca terampil," ujar Wisnu.

Pendanaan kegiatan maupun acara, menurut Teguh Hari, kurator PSBK lainnya, memaparkan bahwa dana berasal dari berbagai sumber. Di antaranya dana internal yayasan, dan hibah pemerintah, maupun dana dari Djarum Foundation.(fre)

 

BACA JUGA:

  1. Padepokan Seni Bagong Kumpulkan Seniman Se-Indonesia melalui Talirasa Nusantara
  2. Padepokan Seni Bagong Kussudiardja Kembali Adakan Beasiswa Seniman
  3. Taman Ismail Marzuki Dulu Kebun Binatang Kini Padepokan Seniman
  4. Tarik Wisatawan, Yogyakarta Kembangkan Desa Budaya
  5. BPCB Yogyakarta Temukan Pagar Kuno Candi Prambanan

 



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH