Ini 6 Finalis IBC di ICE 2020 yang  Bertanding Di Babak Final Enam finalis IBC (Foto: MP/Rizki Fitrianto)

BERLANGSUNG sejak Rabu (12/2) pagi, di Gedung SMESCO Jakarta Selatan, hari ini, Sabtu (15/2) kompetisi Indonesia Barista Championship (IBC) telah memasuki babak final. Dari 39 peserta yang telah bersaing dengan ketat, hanya enam finalis yang berhak bertanding di babak final.

Keenam finalis tersebut merupakan barista andal dari kafe-kafe di seluruh Indonesia. Mereka berhasil menjadi yang terbaik setelah melewati dua babak yang begitu sengit.

Baca juga:

Indonesia Coffee Events 2020 Resmi Dibuka

Pada setiap babak, mereka diharuskan menyajikan tiga jenis minuman, espresso, milk beverage, dan signature beverage. Setiap babak dibatasi dengan tenggat waktu 15 menit untuk preparation time (persiapan), 15 menit untuk competition time (perlombaan), dan tujuh menit untuk clean up time (membersihkan).

Salah satu dari keenam finalis, Mikael Jasin (PT Republik Kopi Nasional) yang juga juara bertahan IBC 2019 kembali lolos ke babak final. Mikael juga sempat mewakili Indonesia di ajang World Barista Championship (WBC) dan menduduki peringkat empat pada 2019 lalu.

Mikael Jasin kembali masuk ke babak final IBC (Foto: MP/Shenna)

Lalu, lima finalis lainnya ialah Josaphat Jakabramasta (PT. Republik Kopi Nasional), Raymond Ali (Luthier Coffee), Kelvin Situmorang (PT. Kopi Utama Indonesia), Arief Rachman (Visma Coffee), dan Cindy Marta (Shoot Me in The Head).

Peraturan dan Ketentuan IBC 2020 mengacu pada dokumen 2020 World Barista Championship Official Rules and Regulations. Para barista bertanding dalam tiga babak. Babak pertama (semua peserta), babak semifinal (12 peserta dengan nilai tertinggi), dan babak final (enam peserta dengan nilai tertinggi).

Pemenang IBC juga akan mewakili Indonesia di WBC pada bulan Mei 2020 mendatang. WBC akan dihelat di Melbourne, Australia.

Menurut sahabat Merah Putih, siapa yang berhasil menjadi juara IBC 2020? Saksikan aksi mereka di babak final IBC hanya di merahputih.com. (shn)

Baca juga:

Harus Nonton! Saksikan Live Streaming Keseruan Kompetisi Barista dan Brewers Cup di ICE 2020 di merahputih.com



Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH